06 Mei 2016

Apa itu Hidden MMR?

Hiddenmmr
Setelah ngebahas Skill Bracket Dotabuff pastinya ada yang kepikiran, "Gimana kasusnya kalo ID baru yang belum kebuka MMR-nya tapi udah ada skill bracketnya?", jawabannya yaitu Hidden MMR, Hidden MMR adalah MMR yang hanya bisa di lihat saat si pengguna menggunakan dust of appearance, atau memasang sentry ward atau juga membawa gem of true sight. (?) WTF. Becanda doang wkwk, pernah nggak sih kalian kepikiran gimana caranya volvo mem-balance-kan Unranked Game/Match ? salah satunya ya pake Hidden MMR ini, dan dipostingan ini akan dibahas seluk-beluk tentang Hidden MMR tsb.

MMR means nothing

Apa itu MMR di Dota 2?

MMR merupakan kepanjangan dari Match Making Rating. Seorang player Dota 2 biasanya di anggap sebagai pro player saat MMR mereka cukup tinggi (di baca : tidak rendah), gw tulis "biasanya" ya, jangan baper XD. MMR adalah faktor utama saat melakukan matchmaking atau biasa disebut Finding Match di Dota 2, walaupun faktor utama MMR bukanlah satu-satunya faktor yang berpengaruh dalam match making. Ada 2 kategori dari MMR di dota 2
  • Normal MMR : MMR ini tidak terlihat di profile, tapi tersimpan di Database Dota 2. Kegunaan MMR ini adalah untuk menjaga agar Normal Match / Unranked Match tetap seimbang  atau Balance bagi kedua belah team. Balance in all things (*Ember Spirit's response LUL). Normal MMR juga berbeda-beda untuk Solo Match dan Party Match.
  • Ranked MMR : MMR ini dapat dilihat di profile dota 2, dan digunakan pada saat kita melakukan Ranked matchmaking, nilainya pun berbeda-beda/unik untuk setiap Solo Match, Party Match dan juga Team Match.
Jadi setiap player Dota 2 sebenarnya memiliki 5 MMR yang beragam, yaitu;
  • Solo Normal MMR : Digunakan saat player melakukan normal matchmaking sendirian.
  • Party Normal MMR : Digunakan saat player melakukan normal matchmaking bersama party/stack ( 1 -5 orang )
  • Solo Ranked MMR : Digunakan saat player melakukan ranked matchmaking sendirian.
  • Party Ranked MMR : Digunakan saat player melakukan ranked matchmaking bersama party (2/3/5 orang)
  • Team Ranked MMR : Digunakan saat player melakukan ranked matchmaking bersama Team dan menggunakan nama Team. (5 orang)

Terus apa itu Hidden MMR?

Hidden MMR ( Hidden Match Making Rating ) atau bahasa jawanya MMR tersembunyi, tersembunyi artinya ngga bisa di lihat, atau sengaja dibuat tidak terlihat. Jadi Hidden MMR itu ya sebenarnya Solo Normal MMR dan Party Normal MMR.

Hidden MMR show


Bagaimana cara kerja Hidden MMR?

Cara kerja Hidden MMR sebenarnya hampir sama dengan Ranked MMR itu sendiri. Plus jika menang, dan Minus jika kalah, simple. Tapi untuk Hidden MMR nilai plus dan minusnya masih relatif besar dan tidak stabil, sedangkan untuk Ranked MMR relatif stabil di +25/-25, walaupun kadang bisa juga +1/-50 wkwkwkw.

Nah sebenernya apa sih gunanya Hidden MMR ini? buat apa ada hidden mmr kalo udah ada MMR itu sendiri? Jawabnya ada diujung langit, kita kesana dengan seorang anak. LOL. Jawabannya ada di bawah, monggo dibaca tentang Kalibrasi MMR.

Kalibrasi MMR

Kalian pasti pernah denger tentang kalibrasi MMR/ MMR Calibration kan? MMR Calibration adalah Kalibrasi yang digunakan untuk menentukan nilai awal dari Ranked MMR di Dota 2, MMR Calibration di Dota 2 berlangsung selama 10 Match dan hanya bisa dilakukan saat ID yang bersangkutan mencapai Level 50 pada Experience Trophy.

Level 50 exp trophy


ID Player yang sebelumnya belum mempunyai Ranked MMR, akan mendapatkan Ranked MMR setelah melakukan MMR Calibration.

Nah disinilah peran utama dari Hidden MMR berlangsung. MMR Calibration sebenarnya adalah program untuk merubah Normal MMR (dibaca : Hidden MMR) menjadi Ranked MMR, "They take your hidden MMR from normal matches and use it as starting point", jadi inisialisasi dari Ranked MMR ya Normal MMR itu sendiri, setelah seorang player menyelesaikan ranked match pertamanya (bukan calibration match) Normal MMR dan Ranked MMR akan benar benar terpisah, dan masing-masing akan bertambah/berukurang berdasarkan jenis match yang dimainkan selanjutnya ( normal / ranked match ).

Jadi sekarang kita tau kalo Ranked MMR ditentuin dari Normal MMR, nah kalo Normal MMR sendiri ditentuin darimana? terus baca gan pasti ntar ketemu jawabannya, ok?

Bagaimana cara mengetahui Hidden MMR / Normal MMR?

Kita tidak bisa mengetahui Nilai pasti dari Hidden MMR atau Normal MMR, ngga bisa tau pastinya bro. Tapi kita bisa mengetahui RANGE nya, nah disinilah gunanya Skill Bracket pada Dotabuff berguna, Skill Bracket pada Dotabuff akan tetap terlihat pada Normal Match maupun Ranked Match, dari Skill Bracket dotabuff ini kita bisa tahu ada di posisi mana Normal MMR kita, untuk penjelasan mengenai Skill Bracket Dotabuff bisa dilihat disini :  Penjelasan Mengenai Skill Bracket di Dotabuff.

Inisialiasi Normal MMR

Kalo Ranked MMR kan inisialisasinya dari Normal MMR, nah kalo Normal MMR sendiri inisialisasinya darimana? Untuk pertanyaan ini masih belum diketahui jawaban pastinya, tapi ada 2 teori yang paling populer,

Teori yang pertama adalah Normal MMR awal ditentukan dengan jawaban dari Question "Welcome to Dota" yang akan muncul pada saat pertama kali bermain Dota 2 di ID yang bersangkutan.

Welcome to Dota

Kalo kalian pilih I've Played Dota 2 ada yang bilang Inisial Normal MMR kalian akan paling tingi dari opsi yang lainnya.

Teori yang kedua adalah Normal MMR dari setiap ID Baru adalah sama yaitu 3000 MMR, dibuktikan dengan match pertama dari setiap ID di dotabuff adalah Normal Skill/Highskill.

Belum ada jawaban pasti untuk bagaimana Normal MMR di Inisialisasi, hanya Valve yang tau, XD LUL tapi seenggaknya dengan asumsi begitu kita bisa sedikit paham dengan cara kerja MMR di Dota 2, dan yang paling penting bukanlah jawaban dari "berapa mmr lu?" "mmr lu brp ler, 4k?5k?6k? atau 1k? LUL" tapi yang terpenting adalah Keep Improving.

"I am in competition with no-one. I run my own race. I have no desire to play the game of being better than anyone, in any way, shape or form. I just aim to improve, to be better than I was before. That’s me and I am free." - Jenny G. Pery.

Sampe dimari dulu penjelasan tentang Hidden MMR, kalo ada hal yang belum jelas silahkan di tanyakan lewat komentar, yang mungkin nanti bakal gw jawab satu satu, XD.

GLHF - Fanon.

43 komentar:

  1. Tips buat VHS itu , gameplay nya harus gimana ya ?

    Apa role Support bisa tembus calibrating 3k ++ ?
    soalnya ane mentok2 cuma di 2,5K ++

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips biar dapet VHS yang paling ampuh, WIN. usahakan agan konsisten win dan sedikit lose skill bracket agan bakal naik dengan sendirinya. semua role bisa tembus 3k gan.

      Hapus
    2. gue roll suport 4.1 gan . lo harus tau gimana cara kerja suport di gamenbiar dapet vhs

      Hapus
    3. gan kalo ane main di normal sering ketemu mmr 5.5k - 4,5k di normal dan ane main solo normal ( belum ada mmr nya ) dan bracket gw udah vhs , apa kira2 mmr gw di antara itu ya ?

      Hapus
  2. engga juga, gua kalah aja dapet vhs gan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Win = vhs bukan berarti lose != vhs gan :D

      Hapus
    2. programmer banget kata2nya wkwkkwkw

      Hapus
  3. Bro gue bereksperimen bikin akun baru. Akun utama gue mmr 3k. Jadi ya tau sendiri kalo gue awal main winning streak adalah hal normal karena lawan gue cupu2 (ga mksd nyombong). Gue udah main 12 match dan kalah cuma di game kedua ama ketiga. Game keempat hingga game terbaru yang gue mainin gue menang terus. Tapi gue menangnya ini gara2 Spam hero. Gue pake Legion Commander. XPM GPM di atas 600. Nah, pertanyaannya, menurut lo dengan spam hero ini bakal mengurangi peluang gue dapetin mmr tinggi ketika calibrating ntar ga? anggap sampe gue calibrting nanti permainan gue konsisten ya, tapi gue spam hero.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw gue pembaca baru blog lo, dan mnurut gue blog lo keren. Keep writting

      Hapus
    2. menurut asumsi gw kalo bisa konsisten win dan sedikit lose, walaupun spam 1 hero tetep bakal gede gan, buat lebih pastinya agan track setiap match di dotabuff, kalo agan udah konsisten VHS bisa di jamin MMR kebuka diatas 3.8K

      Hapus
    3. gan ane dah 4x dan ini ane yg ke 5x bikin char baru, baru 14 match dan dah 3x dapet high skil yg lain nya normal all... padhal dah pick suport dan assist bnyak tpi ttp kbnyakan normal ya... minta tips nya dong biar bisa dapet stat vhs di dotabuff dan ke buka avg nya besar saat main tbd...

      Hapus
    4. hmm agan mungkin harus main egois di mid dan minimalisir mati agan, coba aja mati agan di bawah 3 dan pick hero yg punya blink gan. mau pun midlaner , tp ada tmn yg di gank agan harus cepet2 tp ke temen agan yg di gank, berani mati klo lg bantu tmn agan, tapi agan jangan sampe mati. coba aja cara ini

      Hapus
  4. gan pengalaman ane pas maen normal game harus bagus gpm xpm kda nya. ane pernah kalah tapi status bagus tetep vhs gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bang numpang info. setau ane VHS itu di dapetin kalo seberapa lu agresif/fast hand di line, spam skill, LH, DN. escape. intinya kalo ga agresif/fast hand pasti normal bracket. kalo salah mohon di benarkan hehehe

      Hapus
  5. Malam gan, ane barusan selesai eksperimen tntang mmr vhs dan lain sebaginya..
    Ini dotabuff id kloning ane gan
    http://www.dotabuff.com/players/344816275/matches .k kalo discroll ke bawah pasti nemukn vhs vhs dan sebagainya.. Tapi yg ane bingung kenapa saat calibrating itu nyantol di mmr 3,250 selanjutnya game ke 2 malah makin turun jadi 3,090 dan yg match keempat itu 2,950. Nah yg ane bingung hubungan antara vhs sama calibrating kok kayanya masih jadj misteri ya.. Secara temen" ane pada bilang "itu buka pasti minimal 3,6k". Dan pas liat calibrating di 3,2k temen" ane juga pada kaget.. Mungkin daei agan bisa kasih penjelasan kebih ke ane gan?

    Thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini gan, ane bantu jawab.. mmr itu ditentuin dari win lose, win +25 lose-25 kadang random tp normalnya segitu, coba aja ente menangin game itu biar mmr naik. vhs menurut gue ga nggaruh" amat. bahkan skill normal-hs pun mmr bisa gede krna win terus ..

      Hapus
  6. Malam gan, ane barusan selesai eksperimen tntang mmr vhs dan lain sebaginya..
    Ini dotabuff id kloning ane gan
    http://www.dotabuff.com/players/344816275/matches .k kalo discroll ke bawah pasti nemukn vhs vhs dan sebagainya.. Tapi yg ane bingung kenapa saat calibrating itu nyantol di mmr 3,250 selanjutnya game ke 2 malah makin turun jadi 3,090 dan yg match keempat itu 2,950. Nah yg ane bingung hubungan antara vhs sama calibrating kok kayanya masih jadj misteri ya.. Secara temen" ane pada bilang "itu buka pasti minimal 3,6k". Dan pas liat calibrating di 3,2k temen" ane juga pada kaget.. Mungkin daei agan bisa kasih penjelasan kebih ke ane gan?

    Thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas calibrating yang di liat itu hiden mmr dari matches pertama sampai calibrate.. kalo emang hiden mmrnya vhs udah pasti tembus 3,8k++

      Hapus
  7. Ngaruh lah bro vhs,itu kan range mmr,win lu 1000 kalo bracketnya hs tetep aja ga ngalahin yg vhs

    BalasHapus
  8. min mau nanya, gw masih belom maen tbd karna masih belom cukup lv trop buat Ranking, maen normal match ketemu 4.4-5.4K MMR terus, tapi belom pernah ketemu 5.5K MMR, itu gimana min?
    pas TBD apa avarage MMRnya juga sampe segitu? BTW nc BLOG min. cimiiww

    BalasHapus
  9. Gan.. ak didota buff udah vhs.. tpi waktu masuk tbd game pertama malah hs.. kalau ak main normal match spam vhs avg mmrnya bisa naik ga gan.. waktu hs avg mmrnya 3.6.. mohon bantuan gan

    BalasHapus
  10. Nanya min.kenapa gua dapet normal skill padahal win rate tinggi.kda juga lumayan.dan satu lagi,unknown skill maksudnya apa?.btw nice blog.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nih sedikit info tentang skill bracket
      Unknown skill = 2k - 2,99k
      Normal skill = 3k - 3,3k
      High skill = 3,3k - 3,7k
      Vhs = >3,7k

      Hapus
  11. gan , kalau unknown skill itu kira-kira tembus berapa mmr ya?

    BalasHapus
  12. dota ga jelas, gw menang 7x lose 3x, contribusi gila2an dikasih valve 3,8 bikin cape aja maen serius2

    BalasHapus
  13. Ane mau nanya kalau mau vhs harus menang berapa kali yah gan ?

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nih agan cuman sharing yg abis experiment pake id kecil.. buat dapet vhs itu di liat dari cara main, karna yg di itung hiden mmr dari game pertama sampai pertama kali nyentuh calibrating mmr.. jadi semisal sampai nyentuh calibrating tetep stay di vhs pas calibrating pertama averagenya 3,7k++ sisanya usahakan menang gamenya, karna kalau kalah bisa turun 50-100 point kalau menang juga segitu agan..
    Ini ane share profilenya ane https://www.dotabuff.com/players/361475598

    BalasHapus
  16. Bro pas gue baru kebuka ranked. Gue langsung coba main di solo ranked dan di hidden kmrnya tuh paling besar 1950 mmr. Nah kali udah gitu, mmr gue masih bisa naik jadi 3k gak? Soalnya masih baru 1x main ranked belum selesai sampe 10x main ranked. Please jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab bro
      setau ane gabisa, kl highest mmr pertama calibration 1950, mungkin avg mmr 1,8-1,9k
      nah itu jadi starting mmr ente
      kl menang terus mungkin bisa ke 2,5k tp kayanya ganyampe 3k
      kl penasaran coba aja, liat avg mmr terakhir calibrating dan mungkin sekitar segitu mmr ente
      cmiiw, pengalaman ane sih gitu

      saran aja, kl mau naikin, mulai dr 2k jg gamasalah bro, asal kita mampu dan mau pasti bisa
      banyak yg bikin id baru? menurut ane ngabisin waktu dan blm tentu better
      contoh fanon ni mantep
      http://www.indotasia.com/2016/05/pengalaman-gw-dari-700-mmr-sampai-5k-mmr.html?m=1

      Hapus
  17. Gua masih ga ngerti, Ada yang bilang GPM XPM harus diatas 500/600, Katanya harus Nunggu last hit biar creep vs creep. eh tetep aja masih normal skill. Dan pas TBD pun AVGnya 2999. intinya gua masih belum tau cara dapet VHS

    BalasHapus
  18. sore gan gua mau nanya nih, semisal gua pake id yang mmr solonya udah 1,8k. nah misal gua beli battle pass itu kan bisa reset mmr dengan cara maen international ranked. nah pertanyaannya.

    1. apa nanti pas gua mulai match di inter ranked bakal di bracket 1.8k kaya mmr solo yg lama? atau ada hal lain yg mempengaruhi buat opennya? soalnya kan kalo gua inter ranked mulainya di bracket 1.8k lagi sama aja boong dong, samq kaya gua maen solo biasa lagi dong?

    2. kalo memang ada peluang buat masuk bracket 3k+ di inter ranked saat solo kita 1.8k gimana cara buat memperbesar peluang kebuka bracket 3k+ nya?

    udah segitu dulu aja

    artikel nya keren gan, keep update!

    BalasHapus
  19. Gan gua dapet normal skill 3 match but kd nya 5.00 1 match dapet vhs dan 3 match dapet hs satu game dapet unknow skill itu maksud nya apa ya gan? Mohon penjelasan nya dong

    BalasHapus
  20. Gan gue baru lvl 14 tpi aneh nya musuh sama temen2 ku MMR nya di atas 4 k itu kok bisa ya gan tapi aku nya ga bisa nyamain skill mereka

    BalasHapus

Author

authorFauzan Ramadhani, 19 y/o Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Banyumas Jateng.
Learn More →



Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!