25 Juni 2016

Mengatasi MMR yang sering stuck

Setelah kemaren gw sharing-sharing info buat yang pengen bikin ID baru biar bisa maen di bracket 4K ++ sekarang gw pengen sharing tips, trick dan solusi buat kalian yang lebih suka dengan Tryhard doto dan lebih milih jadi Solo Warrior kaya gw wkwk. Buat yang udah ngerasain jadi Solo Warrior pernah gak sih ngalamin stuck saat naikin MMR? Naik Turun gak jelas macem ingus :p Nah Di post ini bakalan gw bahas beberapa alasan yang sering gw denger saat stuck di MMR tertentu, nggak cuma itu, di setiap alasan yang bakal di bahas nantinya juga bakal dilengkapi dengan solusinya masing-masing, langsung aja di simak.


Alasan #1

  MMR just a number


Pernah lihat/denger temen kalian bilang gini "MMR gw emang cuma 2K tapi ga kalah jago sama yang 6K, nih liat recent match gw" wkwkwk, emang gak salah sih kalo kalo ada yang ngaku jago sambil ngasih hasil match tertentu, tapi perlu di inget, Saat MMR kalian rendah maka lawan yang kalian hadapi juga punya MMR yang rendah. Saat kalian ngerasa selalu nge lead dan gak pernah fail tapi MMR kalian masih stuck, itu artinya kalian emang jago, tapi cuma di bracket dimana kalian stuck

Lebih parah lagi buat yang sering mikir gini "Duh MMR 6K tapi ngefeed, masih jago gw.", tau kenapa? si 6K player yang lo trashtalk-in mungkin emang ngefeed di mata lo dan lo lebih jago dari dia karena lo ga pernah se fail dia, tapi perlu lo inget yang di lawan sama si 6K ini juga rata-rata punya MMR 6K, pressure dan gameplaynya jelas beda sama game-game lo di 2k/3k/4k/5k, jadi saat lo ngebandingin diri sendiri yang masih stuck di low MMR dengan orang lain yang udah beda tingkatannya, gw cuma bisa senyum senyum sendiri. wkwkwk 

Solusi #1

Buat yang masih sering make alasan ini coba deh di rubah pola pikirnya, emang bener kalo MMR itu cuma angka yang belum tentu menggambarkan skill yang lo punya, TAPI, saat lo masih berkutat di low MMR (1K/2K/3K) lo harus inget bahwa lo bakalan punya musuh dan temen yang juga masih low skilled, yang efeknya adalah gameplay yang lo punya gak bisa berkembang. Beda urusannya kalo lo bisa move on ke bracket yang lebih baik dari yang lo punya sekarang, nantinya lo bakal ketemu player lain yang lebih pro dari lo sendiri, yang nantinya juga bakal berimbas ke gameplay lo sendiri.

Alasan #2

Noob Team


Alasan yang satu ini yang paling sering gw denger dari orang-orang yang masih stuck di MMR tertentu. Mereka bakalan ngeblame team sendiri atas kegagalan diri sendiri, gak jarang juga Chat All jadi pelampiasan buat cari temen di team musuh wkwwk ( Attention Seaker ). Perlu lo tau, saat lo mulai ngeblame team lo sendiri saat itu juga lo memperburuk mental team lo sendiri, ibarat udah di posisi kalah malah nambah-nambahin pressure sendiri. 

Solusi #2

Stop blaming, just accept that you're that bad. langkah pertama buat kasus yang ini ya lo harus stop blame orang lain di saat lo kalah, lo harus inget kalo 4 orang yang ada di team lo punya MMR yang hampir sama dengan lo sendiri, stop being boosy, gak usah cari-cari kesalahan orang lain disaat kita sendiri masih ada kesalahan yang perlu dibenahi. Ini ada quotes dari anon yang sempet gw baca dan gw rasa ngena banget,

"Stop blaming your teammates as the enemy team has the same sort of people on it. If you can't exploit the noobs on the enemy team more than they exploit the noobs on your team then you deserve your mmr. Also the moment you start blaming your teammates for your MMR is the moment you stop improving much at all."


Alasan #3


Spamming Hero is for noobs


Pernah ketemu player yang cuma pick 1 hero buat grinding MMR? Gimana pandangan lo buat para Spammer Hero tersebut? Kalo lo masih beranggapan kalo Spammer Hero cuma bisa hero-hero itu aja dan cupu saat make hero lainnya berarti pandangan lo tentang hero pick masih sangat sempit :)),

Solusi #3

Kalo emang lo pikir spam hero tertentu buat naikin MMR itu segampang yang lo pikir kenapa nggak lo coba naikin MMR lo yang masih stuck pake cara ini? Jadi seorang Hero Spammer gak sesimple yang lo pikir bro, walaupun hero yang di pick sama, nantinya lo bakalan nemuin situasi yang berbeda-beda di setiap gamenya, different item choice, different playstyle, lo harus bisa mengatasi situasi di saat lo counter picked, lo harus bisa adaptasi di setiap gamenya, lo tau kapan lo bisa mulai snowball, game knowledge lo harus luas dan nggak bisa sembarangan. So buat kalian yang masih meremehkan mereka yang punya MMR lebih tinggi dari lo dengan cara Spam Hero tertentu silahkan di coba dulu jadi seorang Hero Spammer dan naikin MMR kalian yang masih stuck :))

Sedikit quotes dari bruce lee, 
"I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times."


Alasan #4

 

Static Gameplay


"Gw main tinker, so gw bakal beli blink dagger, dagon, + ethereal blade", "WTF Meepo Dragon Lance", "Rubick Mid? RUBICK ITU SUPPORT BEGO"

Ahahaha, dari beberapa quote diatas ada yang bisa ngambil kesimpulan? Kalo lo masih punya anggapan macam begini kemungkinan besar ini penyebab kenapa MMR lo nggak naik-naik. Gameplay yang gak berubah, Bad Item choice, Bad decision, Bad Pick dan Ego yang tinggi Gameplay yang statis alias nggak bisa menyesuaikan situasi dan kondisi adalah biang kerok dari problem yang lo hadapi. Yang artinya alasan lo masih stuck yaitu karena gameplay yang lo punya emang cuma sebatas MMR yang lo punya saat ini, dan lo nggak ada kemauan untuk berkembang ke tingkat yang lebih tinggi.

Solusi #4

Perbaiki Gameplay sendiri, jangan ulangi kesalahan yang sering lo buat, Improve ur self. Ikuti perkembangan META, dan coba untuk terima masukan dari orang lain.

Sering-sering deh nonton/watch pro player main, bisa dari Live Streaming di Twitch,Watch in-game, atau bahkan Watch Replay. Ubah mindset tentang dota, nggak ada aturan bahwa hero ini harus build item ini atau itu, atau hero ini rolenya ini dan bukan itu, semuanya tergantung situasi dan kondisi di game yang lo jalanin, dan yang paling utama kecilin EGO mu saat bermain.

Gw kutip quotes dari seorang booster asal rusia di reddit, "4K players are 6K players with 50% the skill and 100% the ego".
 

Yang mau nambahin silahkan di komen :))

GLHF - Fanon.

28 komentar:

  1. Ummm.. Mau tanya snowball tuh apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin hero rolling... 3 match jugg,,, 4match sf,,, 3match pudge... di rolling terus... ini pendapat w sendiri sihh hjahahahhaha

      Hapus
    2. Snowball itu maksudnya kalo lu menang di satu lane, dan musuh ngefeed terus, jadi semakin lama semakin jadi, seperti bola salju semakin lama bergulir semakin besar. kalo di LoL sih itu kalo DOTA kurang tau apakah sama atau bakal beda

      Hapus
  2. Ketahuan yg bkin bego. Hero spammer it cmn orng yg mles support atau tepatnya cmn mw carry. Alesannya yah it biar kliatn keren dan hbs it minta commend se akan" tnpa carry support" gk bs menang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih 3k gausah bacot bro, abis red days ya bro kwaoawkokaow

      Hapus
    2. Ini willson mmrnya low, spam supp hero jg bisa up mmr trgtung gameplay dr match ke match

      Hapus
    3. gue nge-spam kotl dari mmr 3k sampe ke 4.5k, chance menang 4/5, dari mulai build normal, sampe build mkb desol dll, semuanya situational, worth to try kok spam hero

      Hapus
    4. ane pernah spam warlock 11x win strake.
      http://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=924023347

      Hapus
    5. Lo yg idiot. Siapa bilang spam harus carry. Aku spam crystal maiden work juga tuh. Idiot.

      Hapus
  3. MAs boleh tau nick steam nya ? Plisss i need that

    BalasHapus
  4. om.. nanya ni..

    kan sebelumnya ane bikin id baru, trus ane maen solo, teamnya pro2 bgt ada yg sampe 5k
    besoknya ane party sama temen ane yg cupu maennya.... eh buset setelah tu team ane di solo match noob banget parah, tp musuhnya pro kompak2 semua

    ngatasinnya gimana ni min..?

    BalasHapus
  5. Gaan, nanti gua minta id steam lu ya. Kalo gua nanti udh mau tbd, gua minta bantuin bang

    BalasHapus
  6. quotes nya bruce lee kurang pas kalo buat kritik orang yg suka spam hero.

    gua orang yg spam sniper, dan gua selalu pake quotes itu kalo temen gua komentar.

    i'm noob, i play dota for fun.

    BalasHapus
  7. Bang fanon gw minta saran dong.......
    Naikin mmr kalo team nya BEGO feed mulu gimana ?? Bingung ane tiap main carry midnya fail , tiap main mid carry nya fail ... jadi mmr gw stuck di 3.5 terus nii saran dong 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba role lain offlane atau, supp roam , utamain timing map awarness. Bntu angkat tim lewat jalan itu jg bisa.. gw bisa smpe 5k lantaran kurangin ego kpngin kid atau carry
      Jd offlaner jg keren apa lg kalo bs kuasai safelane lawan :)

      Hapus
  8. Ask, MMR gue kebuka 2K, dan pas TBD gue paksain main MMR padahal gue gatau cara main dota, nah sekarang gue selalu party sama temen gue yg MMR 3K7. The problem is, setiap gue main solo MMR(2Kavg), gue ambil role yg dibutuhin tim, biasa support / offlaner, bahkan kadang midlane, gue bingung, gue main udah bagus, carry gue kasih lasthit, KS kalo kemungkinan carry ngekill dikit, pake carry jarang fail, tapi ntah kenapa gue selalu kalah, apa gue kurang positioning pada saat teamfight(mengabaikan war demi farm lategame)? Atau gara gara hal lain? Pencerahannya dong bro, gue mau coba naikin mMR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalo lo merasa mainnya bagus,lo lead team lo. Suruh stick kejar objective. Ya kalo lo jago sendiri,sedangkan musuh lo 5 orang skillnya average. Ya tim lo bakal kalah. Inget nge-LEAD sma Bossy itu beda ya

      Hapus
    2. Iya ane jg sering bngt gini di 2k..
      Kl diperhatiin sih krn ane tlalu focus farming/split push, jd ga ikutan teamfight..

      Ane jg sering jg masuknya blkgan pas war.. jd dpt 1-2 kill tp musuhnya dpt 5 kill..

      Hapus
  9. emang susah gan apalagi kalau tim nya gak enak dan gak kompak yang ada kejebak mulu di 4k
    Jangan lupa kunjung balik gan
    http://mouskats.blogspot.co.id

    BalasHapus
  10. Gan gua mau nanyak, gua daftar id baru dapat bracket vhs, terus jumpa lawan mmr 5k, bahkan pernah jumpa mmr 6k. Kira* ntr kebuka mmr berapa yaa?

    BalasHapus

Author

authorFauzan Ramadhani, 19 y/o Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Banyumas Jateng.
Learn More →



Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!