06 Mei 2016

Pengalaman gw dari 700 MMR sampai 5K MMR

Hiddenmmr
Road to 6K MMR , sering banget gw liat nickname macem gini di ingame Dota, Road to 6k,5k,4k blabla, Nah sekarang gw mau share pengalaman gw naikin MMR di ID pertama dan utama gw, yang dulunya cuma 3 Digit ( di baca : 800 ) sampai sekarang yang udah berkepala 5 ( di baca : 5K ). Ceritanya bakal panjang dan nggak cuma bakal nyeritain pengalaman aja, tapi juga bakal banyak tips yang udah gw rangkum buat kalian yang masih merasa stuck (dibaca nyangkut) di bracket mmr kalian yang sekarang, siapin kopi/permen biar kaga bosen, ok cus langsung ae bro.



First Match of the Game

24 September 2014, itu hari pertama gw tau yang namanya Dota 2, serius dah gw baru kenal Dota 2 di tahn 2014, Kudet bener cok. Itu pun gw tau dari liat temen asrama gw mainan ini game. Dota 2 bener-bener jadi game MOBA pertama yang gw mainin, dan gw sama sekali belum ngerti gimana cara main ini game, satu-satunya game RTS yang pernah gw mainin itu cuma Age of Empire, itu pun gw masih make cheat "howdoyouturnthison" WKAKEKAWEKAKE. 

Kelar nonton temen gw maen dota, gw coba install deh ini game di laptop, dan ternyata bisa, fps cuma dapet 40 cok. Hero pertama yang gw maenin itu Invoker, iya cok Invoker, gw kaga tau ini hero gimana dan skillnya apa, yang penting gw coba dulu dah maen. dan hasilnya bisa diliat sendiri di pict ini,


LOL, K1 D13 A3, Item Dagon. FailFish. Ya mau gimana lagi cok orang baru pernah maen game ginian,

Two Weeks later, gw udah sedikit paham sama ini game dan tujuan dari game ini gimana, nah di tahap ini gw ketemu temen kampus yang juga maen dota, dan akhirnya gw ikut masuk gerombolan ini, nah disinilah segelanya dimulai cok. Gw jadi sering maen bareng dan PM bareng ( dibaca : Paket Malem, a.k.a Happy Hours ), temen-temen baru gw ini udah lama maen dota dari jaman dota 1, cuma gw keknya yang baru kenal ini game. NotLikeThis. Gw jadi sering maen party bareng rame-rame.

Setelah beberapa lama gw maen ini game, akhirnya gw bisa nyobain Ranked Game, kelar calibrating 10 game, MMR pertama gw keluar bro, dan ternyata MMR gw kepala 7 bro, tapi sayangnya kepala 7 nya 3 digit cok, iya cok MMR gw kebuka di angka 750+ gw lupa berapa tepatnya, dulu gw masih belum paham sama sistem MMR ini, jadi gw anggap biasa biasa aja dah. Gw coba tanya temen-temen gw MMR nya pada brp, dan MMR temen-temen gw rata-rata sekitar 2K-3Kan, paling gede 3.2K, sekarang dia uda 3.5K. 
Dari situ gw mulai niat naikin MMR gw yang gw rasa masih kecil dibanding temen-temen gw yang lain, sejak saat itu gw cuma main Ranked Match sedikit sedikit mulai naik jadi 4 digit.




From 1K to 2K

Di masa ini gw mulai belajar dan tau Hero-Hero mana yang cocok sama playstyle gw, dan bener-bener jadi kunci auto-win buat gw. Hero yang jadi kunci auto-win gw dimasa ini yaitu Tinker, Juggernaut sama Invoker. Tiap gw make ini 3 hero gw bisa yakin 70% bakal menang, akhirnya gw pake 3 hero ini buat grinding sampe ke bracket 2K, di sini gw juga masih sering ngelakuin hal-hal yang sekarang gw rasa sangat bego wkwk, macem Desolator + Helf of Dominator. Yang bikin gw ngakak itu dulu gw selalu build item Radiance di hero Sand King, dan Radiance itu jadi item Favorit gw,



From 2K to 3K

Setelah akhirnya dikit-dikit gw naek dan sampe di 2K, perjalanan gw masi panjang gw pikir, di sini gw mulai paham sama Role yang ada di game ini, gw mulai fokus main MID ONLY, karena gw pikir role MID can solo win the game for u. Di bracket ini hero yang sering gw pake yaitu SF, Jugger, dan Invoker, walaupun aneh juga gw maen Jugger di mid, wkwk. Dikit-dikit lagi akhirnya gw bisa sampe juga di 3K. Di point ini gw udah mulai ngerasa jago dan mulai sombong LOL, secara, temen-temen gw masih stuck di 2K/3K di waktu yang sama gw udah bisa moveon dari 800-3K, padahal 3K masih termasuk angka yang kecil di dunia perdotaan. 




From 3K to 4K

Nah 3K to 4K ini cok yang paling ngabisin waktu buat gw, hampir 50% waktunya abis disini, emang susah cok keluar dari bracket 3K-4K ini, Solo win the game  udah hampir hilang di pikiran gw waktu itu, gw mulai coba-coba beragam role, dan mulai paham dengan istilah Play as Team, disini juga gw mulai sering nonton Pro Player main, gw sering cek Youtube dan Twitch buat liat gimana pada pro player main. Cukup lama gw berkutat di bracket ini, akhirnya gw mulai nemu playstyle gw lagi, Snowballing. Yap, Snowballing jadi cara paling ampuh gw buat gain ez  +25 MMR, gw mulai sering spam hero yang bisa snowball di early game, macem :  SF, Slark, Bloodseeker dan Lina. Cara ini terbukti ampuh buat gw dan bisa nganterin gw di gerbang 4K.


From 4K to 5K

4K to 5K buat gw nggak terlalu lama gw jalanin, disini gw sering spam 1 hero sampai 10 match terus ganti spam hero lainnya, then repeat. Di sini gw mulai move on dari role gw yang sebelumnya fokus Midlaner, dan mulai jajal role Offlaner dan 4th Support/Roamer. Gw ngerasa nyaman di kedua role ini karena gw rasa 2 role ini punya efek luar biasa kalo di mainin-nya yang bener, dan alhasil gw bisa nyampe di 5K dengan waktu yang cukup singkat di banding bracket sebelumnya, hero-hero yang sering gw pake disini yaitu : Lone Druid, Invoker, Earth Spirit dan Rubick.



Di bracket ini gw udah paham bahwa Kills mean nothing, Throne means everything. Tips dari gw kalo lu offlaner dan lu rasa lu sanggup obrak-abrik Safelane musuh, Just do it. Bikin 3 hero kocar-kacir di safelane mereka = guarantee win.

Kalo lu 4th Support/Roamer, Harus bener-bener pinter cari waktu + map awareness, smoke of deceit + TP bakal jadi item wajib lu, aim Mid lu dan safe TP only for backup, kesalahan yang sering gw liat disini para support masih sering instant TP dari base setelah respawn ke salah satu tower walaupun gak ada event yang penting, dan disaat team-mate mereka butuh backup, TP mereka masih cooldown.




Beyond 5K

Di bracket ini gw masih ber improvisasi, MMR masih sering naik turun, kadang win strike kadan lose streak wwkwk. Disini ini juga gw udah mulai sering main bareng pro player region SEA, seperti : FD.meracle, jed, Fnatic.Ohaiyo, sig.Lakelz, dll.





Next Goal

Goal gw kedepannya pengen nangkring di Leaderboard SEA, moga aja keturutan dalam waktu dekat XD. Gw juga mulai nyoba Open Stream di Twitch @ https://www.twitch.tv/FanonTV, tapi gatot ( di baca : gagal total ) karena masalah koneksi dan PC yang nggak memungkinkan. Pengen juga sih join competitive scene cuma masih blm nemu team yang cocok XD.






Tips from me

Kalo tips dari gw sih sebenernya tergantung dari playstyle masing-masing, mugkin juga tips gw gak cocok sama cara main kalian, tapi gw coba share aja beberapa yang gw rasa bener-bener ampuh.
  • PMA ( Positive Mental Attitude ) ini efeknya emang bener-bener sugoi VoHiYo, walau kadang-kadang gw juga masih suka flame and blame, tapi usahain hindari flame and blame, karena yang bakal rugi ya team sendiri.
  • "When game is going full retard, you can only go with it. If you start going against it, if you start going half retard, you're fuckin' done for." - n0tail. Yap, Saat temen lu saling bacot-bacotan saran gw,mute all chat, biasakan komunikasi via Chat Weel biar lo lancar komunikasi tanpa harus chatting. Tapi kalo lu malah ikut-ikutan bacotan mereka GGWP sudah. Just remember that one-man doto is not impossible to win.
  • Don't Throw when u already snowball the game. Saat lo udah mulai nge-lead game, jgn sering ngelakuin kesalahan, 1-2 kesalahan kecil dan lu bakal di comeback. Kalo lu rasa udah sanggup ambil alih Highground, minta team lu buat 5 man push, dan kalo lu rasa team lu masih blm sanggup TB Tier 3 jgn coba-coba buat maksain push/dive, yang ada lu malah ngasih gold swing segede gaban.
  • Objective Gaming, ini juga penting, inget kalo win di Dota 2 itu ditentuin saat lu ngancurin Building Team lawan, bukan banyak-banyakan kill atau Networth. Jgn Kebanyakan cari Kill/Farm tapi kaga pernah ngepush, farming tanpa push cuma bakal jadi bom waktu buat lu.
  • "Fck support is trash role, I will just pick mid or carry", Jangan sampe lu mikir gini bro, role support itu bukan role yang gak guna, justru sebaliknya, role support menurut gw justru role yang cukup penting yg nggak semua orang sanggup ngejalanin. Kerjaan support itu hampir 3x lipat dari kerjaan carry bro yang tugas utamanya farm, dan tau kapan push/fight.
Intinya kalo dari gw sih pilih play style yang lu rasa paling cocok buat lu, sering-sering watch pro player karena disitu banyak banget info ingame yang bakal lu dapetin, dan yang terakhir itu don't give up, walaupun losing streak melanda. Sadface.

Mungkin buat sebagian orang saat buka mmr pertama kali dan ternyata cuma dapet 3 digit, mereka bakal Buat ID baru dan lupakan id lama, tapi Naruto bilang "I never give up. I never go back on my word. That is my way of the ninja!" so, Never give up, wkwkwk.

GLHF -Fanon.

232 komentar:

  1. artikel yg bagus gan GGWP
    trying hard, lose hard, win easily
    push forward, dont kill your enemy, but kill them with your passion

    BalasHapus
  2. Nice gan. lanjutin terus dotonya. btw agan suka anime juga ya ? :v

    BalasHapus
  3. 2014 s/d 2016, dari 700-5k. Lu mainnya brutal ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai brutal begitu masuk 3K gan, bisa sampe 12 match / hari.

      Hapus
    2. Seriua gan?? Main berapa jam 12 match pee hari?

      Hapus
  4. wahh bisa jadi motivasi gw ini, gw aja baru buka MMR tahun lalu dan itu 3 digit tapi gw main dari 2013 hahha 1 tahun pensiun krn laptop gak kuat jadi baru main lagi sebelum TI5,, skrng gw sedang coba role HardSupport tapi gw kadang sedih Carry banyak bacot tapi maen kayak anak labil, Lasthit aja susah dapat trusss kalo kalah nyalahin support,, harus sabar emang HardSupport gw sering make Dazzle dan sedang coba semua hero Support,, tapi juga belajar role offlaner biar ada backup role klo main ama team :3

    sekedar bercerita juga :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bro main support emang penuh cobaan, bukan cuma tugasnya doang yang berat, ujiannya juga berat kwkwkw, saran ane coba ganti role ke offlane/4th Pos kalo main solo, soalnya kalo Hard Support bener-bener susah kalo cuma tergantung diri sendiri,

      Hapus
    2. gan, gimana lu bisa ngatasin team lu yang suka throw? jujur di 2k gw bener" fuckedup bgt bang-_-

      Hapus
    3. Sama gan. Ane sering make omniknight. Tapi sering hard carrynya ma tankernya suka gk konek malah gua yg disalahin :( padahal hampir 4k ngedrop lagi jadi 3.7

      Hapus
    4. Gua dari 3,3 sampe 3,8 dalam sehari, eh turun lagi jadi 3,4. 3k masih pada gaada yang ngalah jadi support, harus kita yang pick support dan bilang "need 1 sup" barudah pada mau ngepick support.

      Behh apalagi kalo di 1-2k, suport udah kaya hewan langka yang hampir punah, susah ditemuin orang yang bener bener niat support qkwkwk

      Hapus
  5. Ternyata 3k-4k emg susah ya, gw da 2tahun ampe skrg stack di 3k trus semoga pas liat thread agan bisa menuju 4k deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan pengalaman ane 3k-4k jadi bracket yang tersusah gan, good luck gan pasti bisa.

      Hapus
    2. 1 tahun lebih ane bro stuck di 3k astaga 😂

      Hapus
  6. bisa minta link steamnya bro fauzan
    tar ane add

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gan di kolom Author bawah, klik aja logo steamnya,
      atau langsung disini

      Hapus
  7. Gua jg gitu gan mmr dari 300 smpe skrg baru 2400an sesuatu bgt gan bljar dari mmr kecil. Wkwkwk

    BalasHapus
  8. teach me senpai :)) gue main dota dari SMP skrng uda semester 6 mentok di 3,5k - 4k :((( sekitar 5 - 6 tahun hahahaha

    BalasHapus
  9. Mas, minta dorongan dong.
    3 bulan gak maen, tangan kaku jarang last hit.
    Hue
    Kalau mau main dari awal lagi, mendingan gimana? Bikin akun baru atau gimana gitu?
    Thanks yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane juga sering gitu gan vakum 1 bulan baru main lagi kalo pas balik kampung, Kalo ane sih buat balikin game sense beberapa hari main Pub dulu baru lanjut Ranked. GL.

      Hapus
  10. Bacanya seneng seneng gregetan gimana gitu😂😂 tapi karena banyak org blg "mmr kecil bikin id baru aja" alhamdulillah di id 1 lagi mmr ane gedean dari id pertama. Tapi id pertama tetep ane maenin, sarannya bermutu banget bro. Maju trs perdotaan indo😊😊

    BalasHapus
  11. Btw gw kebuka 800 bisa gak ya kayak si agab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini gan ane naikin , mau sampe MMR brp ?

      Hapus
    2. Mantepin main nya dulu, terus bikin id baru, usahain di id baru itu main nya yang bagus dan fast respon.

      Kalo jadi carry, lashit harus mantap.
      Kalo support yaa wajib sedia tp, dan rajin rajin nge smoke sama ngeward dan deward. Support harus cepet respon nya, sering sering liat map. Jadi kalo temenlu di gank/terancam lu langsung cepet tp ke temen lu yang terancam itu. Pokonya fast respon dah.
      Dijamin pas tbd avrg mmr lu sekitar 3k

      Hapus
  12. nice artikel gan,
    kayaknya bakal jadi motivasi besar buat banyak player dota

    thx gan

    BalasHapus
  13. nice artikel gan
    ty infonya

    BalasHapus
  14. Makasih gan sharenya berguna banget, karna artikel ini ane jadi pengen buka mmr :3 sebelumnya ga berani

    BalasHapus
  15. bro menurut lu hero yang paling imba di 6.87 apa ya? dan hero apa yang bisa meng-counternya? butuh saran soalnya stuck di 2k hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Post selanjutnya bakal bahas 6.87 after-effect gan, di tunggu ya. Ty.

      Hapus
  16. waktu calibrating pertama x, saya dpt solo + party sekitaran 2,8k
    dulu biasa party sm temen anak2 clan wktu jaman dota 1 (jaman sma), mereka pada 3k (dan sekarang pd nangkring di 4k gegara mereka sering maen, saya jarang)
    sedangkan saya justru merosot dari solo 2,8k jadi 2k doang (sumpah nyesek) dan juga sekarang saya party-an sama temen kampus saya dan hanya berkutat di mmr party 2k (temen saya yg semula mmr party 1,5k skrg jadi 2k brg saya)


    dari pengalaman saya selama support 3thnan di mmr 2k, saya cuman bisa ngelus2 kepala gan..

    -ward lagi cd, dikata supp gk mau warding.
    -pas warding, ad hero invis kill saya dikata feeder.
    -sy sering bolak-balik beli tp + tp ats, bwh, mid, ats lg, mid lg, bwh lg gitu terus sampe lupa klo supp jg harus stacking.
    -tp mau gimana, rata-rata player SEA 2k pada make hero2 yg keliatan keren, invoker, sf, pudge, od, pa, jugger, udah gitu2 trs.
    -dan apesnya saya keseringan supp sendirian buat 4 carry.


    gimana kira-kira untuk hal yg kek gini? (playstyle sy supp, midlane sbnernya jg bisa, tp tiap x maen psti ad yg lngsung pick hero mid semacam invoker, dp, sniper, pudge, tinker)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuuhh... damn right...
      gue role support, dan emang ampas banget tim-nya

      Hapus
    2. Saran ane kalo agan emang harus pick support, pick supp pos 4 aja gan, dan jgn pick hero sup pos 5 karena sup pos 5 ketergantungan sama hero lainnya sangat besar.

      Hapus
    3. masukan ane sih gan kalo emg role ente supp pick supp yang bisa jadi init juga jadi tiap war bisa bikin comeback jangan supp yang ganker contohnya supp buat war itu: es, magnus, enigma, beast master pokoknya skill warnya itu kalo bisa yg tembus bkb dan di late pun heronya masih kepake kalo pick supp kaya tusk ato lion itu di late kurang gan itu sih pengalaman ane

      Hapus
    4. @sadudin jd inget ad pro player biasa maen di US / EU sekalinya nyoba SEA dia lgsung nge-twit "SEA player is the worst" ato apalah lupa xD

      @fauzan nah sy biasa klo maen sm tmen2 dota 1 maen di role ini gan, jd initiator (paling item yg ane butuhin dagger buat buka war), biasanya pake tide, sk, eshaker, treant
      tp klo d praktekin di 2k scrub susah.. klo gk d supp ward mereka map awarnessnya krg bgt, bahkan map terang aja masi sering mati -_-

      @andrian iya gan, itu yg ente sebutin sebagian hero yg sering sy pake di dota 1 klo maen sm tmn2 dlu.. skrg mo pake hero2 initator kek gitu jd mikir 10x.. -_-

      Hapus
    5. ane juga role support 2k gan
      enak-enak aja sih jadi support coz ane males farming wkwkw, klo dikatain mah diemin aja atuh yg penting kita udh ngelakuin kewajiban sebagai support kyk warding,up courir,stack creep dll
      klo agan udh kyk gitu ttp dikatain sama carry nya, berarti carrynya yang gob*ok haha

      btw, ane suka pick hero support tipe healer sih kyk Dazzle,Omni,Necro itu hero mau early game atau late game enak bgt support nya. cobain deh item mah cukup arcane+mekans aja sisanya ward sama tele, klo ada duit lebih upgrade ke Guardian Graves, sama beli Aghanim + Pipe klo musuhnya heavy nukers kyk Zeus,Lina,Lion dll

      Hapus
    6. terpenting klok gangin cpt merapat gan

      Hapus
    7. klok mau mati usahain pencet all skill gan

      Hapus
    8. Ternyata gua termaksud orang yang beruntung yaa :') selama gua support belom pernah di blame, pernah sihh gua ngefeed banget dan di blame carry gua. Dan alhasil gua dibela tim gua yang lain nya dan juga di bela musuh, tim gua pada bilang "blame support? Ohh god", "die and blame support?", "hey, he just support, you think support can god like? Or rampage?" Wkwkwkwk

      Hapus
  17. Gan di 3k-4k biasa pick ke berapa? Last pick auto support 5 soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane biasanya first pick, dan jarang last pick.

      Hapus
  18. sekarang udah agak susah support pake Earth spirit soalnya ss nya udah bisa didispell

    BalasHapus
  19. mantap gan! 4k scrubs here dan berjuang menuju 5k hahahaha

    BalasHapus
  20. this is so fckin awesome bro,ur da real mvp bro
    GGWP

    BalasHapus
  21. Bro, Spam Hero itu Trus Gak Bosen? Dan Saya Sering pakai Support Crystal Maiden.. Gak pernah Miss Beli Ward Sama Sentry..Itu Pun Di Blame Sama 1 Team... Ada Obat nya Gak Buat Tahan / Sabar Dari orang Yang Suka Blame Kita...

    Salam Fans Dota 2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spam hero di tiap match bukan berarti play style di tiap match juga sama gan, walaupun heronya sama tapi keadaan di tiap match pasti berbeda-beda dan unik,

      Support bukan cuma beli ward dan Sentry gan, tugas support itu 3x lipat dari carry, emang susah jadi support, satu-satunya cara biar lepas dari blame, ya improve our self gan. Ty.

      Hapus
    2. tgs supp gk cmn beli ward/sentry gan

      +sering2 liat map klo ad carry yg mau mati musti bantuin (supp wajib bawa tp ke mana2)
      +roaming
      +stacking (ini yg sering sy lupa gr2 musti bntuin tmn satu tim skrt)
      +ganking
      +dll (liat situasi in-game jg)

      contoh stats dotabuff sy:
      http://www.dotabuff.com/matches/2340527123
      sy veno beli pipe soalnya zeus nya merajalela

      *nb: sorry numpang curhat soalnya lg pusing gegara mmr ud kek perosotan ank TK :')

      Hapus
  22. Obat nya yha sabar aja bro, kalau bisa jgn kebawa sama ritme amarah team lu menurut pengalaman gue, dan tunjukin kalau supp juga bisa kill meskipun cuma ngandelin blunder nya team musuh, sama" belajar om.... coz gue cuma mmr 4,6 aja msh cupu, dan msh belajar buat all role

    BalasHapus
  23. Obat nya yha sabar aja bro, kalau bisa jgn kebawa sama ritme amarah team lu menurut pengalaman gue, dan tunjukin kalau supp juga bisa kill meskipun cuma ngandelin blunder nya team musuh, sama" belajar om.... coz gue cuma mmr 4,6 aja msh cupu, dan msh belajar buat all role

    BalasHapus
  24. Kerjaan support 3x lebih berat dari carry, bener banget bro.... Harus beli courier, nge ward all game, belum keliling map masangin ward itu pun harus ekstra hati-hati biar gak ke gep lawan, belum lagi deward, dan disaat yang sama harus farming, naikin level, jadiin item, plus support war dan gank banging. Paling bt kalo se-team ama feeder carry, kadang terpaksa jadi support carry at the same time (which is always end up of being fucked up *hufft*)

    BalasHapus
  25. Positive Mental Attitude, itu nick gw sebagai dota buat gw sendiri wkwk..
    Susah banget asli naik solo to 4k, gw selalu berusaha lead the game, tapi apadaya team terkadang egois dan retard. Sakit pala dan alhasil skill menurun gara2 mikirin team yg ga mikir, i go blame and becomes a retard

    BalasHapus
  26. gan mmr gue stuck nih di 2k gara gara orang orang kalo main ranked kebanyakan pada pake carry / ambil mid tp mereka gabisa ngecarry team dan alhasil ini mmr naik turun di 2k menuju 3k wkwk
    gimana ya sarannya.ty

    BalasHapus
  27. gan adek juga pengen naikin mmr dari 2k ke 5k. tapi kok susah ya ? :(

    BalasHapus
  28. Ane juga sama gan, september 2014 ane main dota setelah hijrah dari ayodens, awal mmr ane buka 1.3 sedih bro jadi bahan bullyan mmr kecil, gua tryhard maen solo ranked dan sekarang udah 4.1, klo cara cepet nya sih sering2 stream orang2 pro deh

    BalasHapus
  29. asli gw 1 thn msi stuk di 2-3k walau gw sudah PMA tpi tau sendiri flaming org 2k-3k gmn audah di supportin tpi msi dibilang no ward dsb

    saya mau tanya gmn agan bs cpet keluar dr 2k-3k mmr sedikit tips&tricknya
    thx sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jujur gan kalo agan skill mekaniknya bagus mau role apa aja di mmr sgitu gampang naek kok, karena kbnyakan di mmr sgitu game understandingnya msh kurang, dan buat player yg udah ngerti, gampang bangut buat eksploit sesuatu dibagian yang mereka kurang ngerti. jadi intinya perbaiki skill agan. di range sgitu masih bisa 1 v 9 kok wkwkwkwk

      Hapus
    2. berarti skill ane yg krg ya
      okegan makasih atas masukannya mungkin perlu banyak latihan gw biar bs ez ke 3k (y)

      Hapus
  30. wah thanks gan artikelnya, ini ane ID lama ane sih buka juga di taun 2014 gan, dan alhamdulillah pas buka MMR gak 3 digit kaya agan wekeke, tapi ane gak terlalu sering ngedota jadi ya udah 2 tahun masih stuck di bracket 3k-4k dan sumpah gan ente bener banget waktu ente bilang MMR 3k-4k itu mulai kenal sama istilah "Play as a Team", 1 orang beban ? ancur semua2nya, dan di bracket inilah ane mulai liat support2 bertaburan ahaha, dan jujur emang benar menurut agan kalo bracket 3k-4k itu ngabisin waktu banyak buat keluar dari bracket itu :)

    anyway thanks for sharing gan, bermanfaat bgt

    Regards,
    Mustache Dota

    BalasHapus
  31. nice bgt gan!!
    ane juga lagi usaha naikin.
    pertama buka solo mmr 2,9k trus turun ke 2,6k dan vakum ranked match 2 tahun.
    baru2 ini coba lagi naikin dan syukur sekarang dah naik ke 3,3k dan yang paling ane setuju tuh "PMA". ini penting banget di dota, apalagi ranked.
    udah beberapa kali main sering comeback karena "PMA" ini.
    target ane untuk sekarang ini sih mencapai 4,2k

    anyway, thanks bwt sharing infonya gan, moga2 agan bisa masuk leaderboard SEA. :D

    BalasHapus
  32. stuck itu krn banyak temen satu team... biarpun indo atau pinoy suka nya throwing... sok jago kill2 yg banyak... tapi trs throw... trs klo kalah hina2 4 orang yg support dia farming atau bantu dia kill... carry kebanyakan sampah...

    BalasHapus
  33. kenapa pake foto SingSing xD

    BalasHapus
  34. gan, gw bermasalah nih di jenjang 3k ini, gw salah satu player yang suka nge-support, tapi para carry di team gw biasanya retarded banget gan... solusinya gimana ya gan bisa keluar dari lembah tanpa dasar ini ?

    BalasHapus
  35. sama gan gw main dari 700k ini mau otw 2k meski MMR naik turun ttp semangat gan dari pada beli ID mahal" tapi skill nya masi jongkok mending mulai dari 0 sampai bisa berkembang

    BalasHapus
  36. ane bukan dota player, tp suka baca semangat ente gan. tetap semangat, semoga bisa cepet 6K MMR :D salam #MasterFakry

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks gan supportnya, masih belajar nulis ahaha :D

      Hapus
  37. Maksud dari Snowball earlygame gimana gan ? Trsu kalau desolator + dominator efeknye kenapa gan ? *noobbertanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Snowball heroes itu hero yang bisa dominasi berkelanjutan saat sudah mencapai momen tertentu, misal ( slark shadowblade, LC blink, Lina eul etc ).

      Desolator dan Dominator itu 2 2 nya item orbs (unique attack modifier) yang artinya nggak bisa di pake secara bersamaan.

      Hapus
  38. nice play to mute rude player. tp di satu sisi / waktu terntu, saya harus "bacot" dalam artian untuk membuat tim fokus dan stabil.

    Well Played !!!

    BalasHapus
  39. Bro kan MMR gua kecil(600san) susa banget di naikinn, kadang-kadang dapet tim yg cupu banget -_- cara nya gimana yak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bro diperhatikan lagi dengan seksama artikelnya pasti dapat jawabannya :)

      Hapus
    2. Semangat bro ane aja dari 800 sekarang udh 1,3k. Banyak2 nonton para pro di youtube aja bro

      Hapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. kebalikan dari gw, gw suka blame feed dll :D
    gw cari kill/farm buat rat bkn push
    terkadang gw merasa emg bner kalo blame temen emg lbih gampang naikin mmr, tapi gw maen cuma buat fun :)

    BalasHapus
  42. bagi tips dong om, kita udah kuasai hero hard killer, tp seringkali, orang minta kita jadi support, pada maksa harus dominan, tuh gmn om?? soal nya support itu hero paling susah, seluruh team bergantung sama itu.. terima kasih,, maklum, baru aja bisa MMR, dlm 2 mnggu udh naik 1k sndiri,, heheh

    BalasHapus
  43. GGWP DIDINYA ASLINA LUREE SEEEP

    BalasHapus
  44. Mmr gw de 3200 turun jadi 1900. Role gw paling sering carry/offlane, kadang2 supp..

    Gw bingung cara main dota solo mmr tuh gmn.. disaat gw carry dan dah perform ok, support/mid nya yg fail, di saat gw main support, skill carry nya ampas ga bisa last hit properly dan gampang panik ada apa2 dikit lgs kabur ga fight, bikin war yg hrs nya bisa menang jd kalah.. atau ga kl disaat uda di posisi atas, teammate yg lain suka melakukan hal2 bodoh,ngethrow gara2 over confident cari kill/ngepush sendirian going deep into enemy teritorry.. pada suka ngedive tower tanpa mikir instant tp dr musuh bakalan dtg dll dan nanti nyalahin knp ga ikut dive dll zzz

    Gara2 terlalu byk hal begitu jd uda males mmr..

    Apa emg hrs bs master hero2 ky earth/storm/ember spirit invoker sf gt? Karena jujur gw slama ini msh avoid main hero2 itu karena susah terutama invoker.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran ane, masterize hero-hero yang agan suka dan agan rasa cocok playstyle nya, kalo emang gak suka sama heronya ya jangan dipaksain gan, sebenernya hero-hero macem Invoker, earthspirit dll itu gampang, asal sering latihan, buat bracket under 3k saran ane jangan terlalu depend on team dan coba lead the game solo.

      Hapus
    2. kl main lead game solo mesti maen role carry/mid?? contoh2 hero yg bisa win the game by going solo apa aja? prasaan jarang banget bisa lead the game solo successfully

      Hapus
  45. wkwkw 3-4k. bracket yg bkin gw pensi
    btw good job bro ! :)

    ngomong2 kuliah dmn bro? jgn2 kita satu kampus lg xD

    BalasHapus
  46. Gue maen dari 19 Juni 2014 dan sekarang mmr gue masih stuck 1k :)

    BalasHapus
  47. gan ane stuck di 1.4 gan asal nya 1.7 kwkw bangga yahh ..
    nah ane klw maen bareng ama temen temen ane dari sebelum dapet mmr juga ane emang sering nge support karena ane di game game rpg jadi healer and mage magean ..

    nah ane rasa ane maen di mmr ane ko kaya ada yg salah, salah ane atau team ane padahal ane udah pake support , tapi team nya you know lah di mmr ane anak misterius semua yg maen .

    mending spam carry ? atau tetep di role ane di supp role 4th ?? pls gan baleeeesssssss ane udah ada 2 bulan stuck maju mundur trus, 1,5 - 1,4 bete kwkw pengen buat baru juga sayang harus lvl 50 ga kaya dulu lv 13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutin playstyle yang paling cocok sama agan, bracket under 3k masih bisa dibilang main sendiri-sendiri, jadi masih mungkin buat agan lead by solo,
      1 vs 9 kalo agan bisa masterize hero-hero yang tepat.

      Hapus
  48. Minta tipsnya dong buat mainin EarthSpiritnya, kayaknya enak buat naikin ke 4k,atau gk minta id steamnya bang,sangat menginspirasi artikelnya, WP !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main Earth Spirit bisa di bilang complicated XD, apalagi sekarang Earth Spirit udah banyak kena nerf dan mulai nggak OP seperti dulu, ID steam ane bisa di liat di Page About gan ty.

      Hapus
  49. Bakat juga menentukan.. :)

    BalasHapus
  50. gw hampir 2 tahun stuck di 4.2k mmr :(

    BalasHapus
  51. Saya 1 tahun stuck 3 digit, Keren ga? sekalinya 3 streak menang besoknya 3 streak kalah. Pasti selalu begitu

    BalasHapus
  52. Bener Banget mas, id utama saya stuck di 3k-4k, trus coba bikin id smurf, eh pas calibrating musuh 4,4k-5,2k pernah, dan itu seru banget di bracket segitu, fast hand semua huahuahua, ane ga perlu ngasing ping (!), udah pada paham kapan maju kapan mundur mas agak beda sama yg 3k-4k. Di bracket segitu jadi agak ragu2 mau maju apa ga, takut temannya ga paham, Alhasil kita jadi lambat mutusin maju / mundur. *curhat wkwk

    BalasHapus
  53. gan bagus banget dan saya nge add agan ya dari cingcopa cingcopa mohon di accept mau banyak tanya hehe

    BalasHapus
  54. COK OJAN GG MANTAN OB GAMERCAMP SBY!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  55. gan kok bisa lo cepet di 4-5k sedangkan 3-4k lama..
    kalo gue sebaliknya 3-4k 85% win
    dan sekarang stuck di 4,6k, mau tanya gmn cara lu nanggepin player cancer di 4,5k yang sering sengaja dikalahin waktu dia rebutan role ama teamnate yg lain?
    gw stuck 4,6k ketemu gituan hampir 50% wkwkwk lelah hayati bang

    BalasHapus
  56. Bener bro, tips lu kena banget, tapi itu kan buat party MMR ye ? Kalo case gw yang sering tuh, gw type carry sih, dan emang carry gw efektif bgt kalo yang nyuport nya WP, tapi banyak case yg gw alamin tuh kalo main solo MME ga semua org jago nyuport bro, dan yang ada malah ngefeed dan maksa gw ngebacot biar ga ngefeed mulu wkwk, ya gitu deh makanya mmr gw stuck di 3.2k oh god whyyyyy T_T

    BalasHapus
  57. Ntahlah bakal gw coba, Baru 6 bulan Main MMR gw udh 2.9K 1 hari full 10-14 game haha

    BalasHapus
  58. gg gan.. jujur. gw kebuka di 1,1 main dota dari 2014 baru2 main mmr.. tp gw main.. kok takut kalah y?? saran nya gan.. kasih gw motivasi.. skrg udh 1,5 sih. ekwkekek saran nya ya gan.. wkwkwk

    BalasHapus
  59. gg gan.. jujur. gw kebuka di 1,1 main dota dari 2014 baru2 main mmr.. tp gw main.. kok takut kalah y?? saran nya gan.. kasih gw motivasi.. skrg udh 1,5 sih. ekwkekek saran nya ya gan.. wkwkwk

    BalasHapus
  60. ini yang dinamakan "BAKAT"

    BalasHapus
  61. kerenn gann jd pengen ngalnjutin MMR lg buka di awal 2,5k stuck terus gk pernah maen deh :(

    BalasHapus
  62. Keren bro, dedikasi dan bakat jempolan. wkwkwk
    Oh ya, mau nanya dong, gimana ya saat team kita udah bisa dibilang menang, t1-t2 tower udah ancur smua terus tinggal push highground tapi musuhnya masih kuat def? Apa kita harus farm dlu sampai core kita bener2 fat? Tapi nanti musuhnya juga fat dan jd makin susah.. Apa kita harus culik mereka satu2? tapi kalo ga mereka stay di base, mereka selalu 5man.. bingungg broo, ku sering bgt kena comeback gara2 kena team wipe disitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat T1-T2 tower musuh udah rata dan kita masih blm kuat push HG jgn di paksain push gan, agan minta sama team-mate agan buat kontrol jungle musuh, bikin musuh ga bisa keluar dari HG, Farm secepat mungkin dari jungle dan lane creeps, dengan begitu farm team agan bakal lebih cepet daripada farm musuh yang selalu ngumpul 5 man di base, tunggu waktu roshan up, kelar ambil aegis baru coba 5 man push HG gan.

      Hapus
    2. Kalo musuh ada yang berani coba push out lane sendiri, agan minta temen buat smoke catch dan ambil advantage 4 vs 5 buat push HG kalo dirasa kuat.

      Hapus
    3. thanks banget bro sarannya, semoga team nya nanti pada bisa dibilangin.. sukses ya

      Hapus
  63. stuck di 2k doang :( role ganker kalo main solo salkom mulu sama team kebiasaan main sama temen yang 35k an wkwkwkw

    BalasHapus
  64. Share di reddit bro dijamin dapet upvote banyak LUL
    Kappa

    BalasHapus
  65. gan snowball hero tu apa ya mksudnya ??
    ane stuck di 3,6k nih gan ssh bgt 4k mohon bntuany, role carry safelane ane gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. role "carry save lane" sampe kiamat lo nunggu besi ngambang jg gak bakal naek mmr lo, maen di solo lo kasih patokan diri lo bahwa role lo "carry save lane", bocah sd jg demen banget klo yang namanya role "carry save lane"
      klo pengen naek di solo belajar jadi role yg flexible buat team, pick hero yang bener2 di butuhin sama team jangan egois kasih patokan dirilu bahwa lu musti carry, inget di dota gada yang namanya iklas maen suport, tapi klo pengen menang, ubah mindset lo

      Hapus
  66. Ane Juga Stuck Di 1.5 Well Ane Main Liat Musuh Juga Kadang Ada Yang Trow Lah Ini Lah Tapi Ane Kebanyakan Pas Main Rank Ane Ambil PL Kenapa? Soal PL Kalo Early Sama Late Juga Enak Dan Dikit Dikit MMR Up xD Ohh Iya Gan Ane Pernah Waktu Itu Full Seminggu Main Dota Dan Disitu Ane Lose Streak Banyak_- Dan Ane Coba Berenti Sebulan Walau Kaku Tapi Entah Kenapa Pas Main Setelah Berenti Tuh Enakan... Well Thanks Sarannya xD

    BalasHapus
  67. id lama gw dari keluar 3080 skrg masih 3080 padahal udah setahun mainin tuh char,
    bener kata orang mau kemana pun merantau tetep akan balik ke kampung halamannya

    BalasHapus
  68. MMR ane langsung 4 digit selesai calibrating , tapi ane males naikinnya , soalnya ketemu temen yang gk paham role masing" ,seghingga ane yang suka support, support-in orang yang cuman mau ngekill doang(kan kmvrt)-_- BTW nice article

    BalasHapus
  69. Bro gw stuck di 4,6 -, 4,8 udah setengah taun . Kenapa ya dalah gw dimana gitu.

    BalasHapus
  70. barusan ketemu Fanon^
    .
    (im bounty hunty)
    .
    GGWP dude...
    .
    next semoga ketemu lg haha...
    .
    biar ga di sangka hoax...
    .
    http://steamcommunity.com/sharedfiles/filedetails/?id=682523663

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.dotabuff.com/players/258418528/matches?hero=bounty-hunter

      Hapus
  71. gan berapa jam yang di abisin di dota 2?

    BalasHapus
  72. Build item yg tepat juga pengaruh ke skill bracket ya bro ?

    BalasHapus
  73. Kalau kita sering pake support tapi jiwa carry itu gimana ngatasinnya, total fokus ke carry apa support

    BalasHapus
  74. Kalau kita sering pake support tapi jiwa carry itu gimana ngatasinnya, total fokus ke carry apa support

    BalasHapus
  75. Waduh, gw juga MMR 3 digit nih, gw tiap main MMR lebih sering role support

    BalasHapus
  76. wkwkwk ane juga dari 2014 klo gaksalah masih stuck di 3 digit solo mmr karna jarang mainin nya plus kalo main juga seringan kalah 2x menang 2x belom lagi rebotan mid&hal2 kecil sbgainya udah mau ngalah main support carry nya kagak bener dikasih bacotan dikit malah ngelunjak bilang fail support-_-kan tai
    tapi kalo main bareng ama mmr 3-4k gitu ane padahal bisa nyesuain lo tapi anehnya kenapa gak naik2 ya hadeh

    BalasHapus
  77. gan saran dong.... ane sering pke winter wyvern &hero suport lainya, ane pngen suport tpi skaligus bsa bantu nyicil damage ke hero musuh....

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Cara dapet very high skill gimana bro ? Gue normal skill melulu

    BalasHapus
  80. Mau tanya gan, gimna cra smurf id biar langsung lompat dari 1k ke 4k lebih? Apa skill ane aja yang masih belum cukup?

    BalasHapus
  81. umur 19 tahun uda bsa nulis bgini , keren banget bro..
    gua skrng 5k , manjet dari 3,8 . dan gua bsa konfirmasi kalau tulisan lo adalah 90% benar ada nya , well said!
    Keep sharing & see you on the top . good luck!

    BalasHapus
  82. Postingan yang inspiratif..
    Gara ini ane bkl smngat naikin mmr mski mmr ane 0.6k😂, gara2 anjlok mmr gw,main klh trus, smpe2 dlm sehari -125 mmr gwa..,
    Ksi tips donk agar mmr ane plus trus, ane main mmr pke sistem spam hero bukannya mng trs, mlah klah mulu 😐😐

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spam hero ygbener2 agan kuasai ,ane spam hero dr mmr 3digit alias 625 sampe 1,5 spam slark and alche kalah cmn 4x gara2 ketemu booster mmr sialan

      Hapus
  83. Gan cara naekin skill bracket caranya gimana ? harus sering ngelakuin apa ?

    BalasHapus
  84. Gan mao tanya dong, gimana cara dapetin feel playstyle kita sendiri ya ? sedangkan selama ini gue tau caranya main dari posisi 1-5. Tapi merasa belom dapet feel playstyle-nya gitu.

    BalasHapus
  85. Abis ngikutin tulisan ini alhasil streak langsung dari 1,4 ke 2,1 XD

    BalasHapus
  86. Gan, ane dulu kebuka mmr 3 digit, sebut saja 975 lah, trus turun ke 830. Pensi ranked dan mabar tmn unranked (kadang ranked jg sih) selama 6 Bulanan. Belakangan ini ane lg fokus naikin mmr solo sm party. Solo ane skrg kurang lebih 1,3k dari 830, tapi kadang solo bikin keki aja entah kenapa kadang temen ga lakuin apa yang ane harapin gitu (sebut saja flame, feed, dan throw, sekali ad yg gitu pasti ultra lost). Kalo dari drafting ane demennya jadi "Last Picker" carry hero gitu tp entah knp feelingnya jadi pengen 1st pick supp kek biasanya pas party mmr bareng tmn 2-3k an tapi blom coba sih pas main solo (kadang tim all core hero susah soalny rebutan farm). Bagaimana pendapat agan dengan curhatan saya? Terima kasih xdxd

    BalasHapus
  87. Sebetulnya ane bisa ngejalanin itu semua cuma ntah kenapa hinaan dari temen temen net yang bikin ane ngedown, mereka malah ngeblameing kalo gua ngelakuin kesalahan dikit aja sampe di kata katainnya minta ampun, tiap kali main solo terus ada mereka di samping ane, ane ngerasa grogi dan ga pede alhasil game yang seharusnya bisa ane kuasain jadi sebaliknya

    BalasHapus
  88. Ya ampun gan sumpah terharu gue :') ... dari 700 ke 5000 sungguh luar biasa ... ini gue lagi ngos ngosan naekin mmr 4,4k ke 5k Sungguh luar biasa ngos ngosan... Hampir niat buat putus asa :') ... tapi setelah liat nih trit gue lagi salut ... apa lagi pas nyeseknya itu pas lost streak ente :'( ... tapi ente tetep semangat dan terus berusaha keras ... ini membuat gue "BANGKIT LAGI" dari keputus asaan ... terima kasih gan tritnya bisa membuat yang namanya "HATI GUE BERGETAR" ... kapan-kapan kita bisa maen bareng ya ... SALUT ama trit ini :D sungguh luar biasa ente ... CONGRATS!!! GAN...
    nanti kalo mmr gue udah 5k kalo bisa muga muga kita bisa buat yang namanya TEAM buat TOURNAMENT/COMPETITION (tapi jangan lupa gan kalo lu adalah " MY HEROES AND MY HOPE " yang bisa bangkitin KEPUTUSASAAN gue naikin MMR) Sekian dari gue SALAM DOTA ...
    Mission : 4,4k - 5k
    Role : Support

    BalasHapus
  89. GGWP buat lu gan (y)
    MMR kebuka 1,2k sempet naik 1,4k dan turun 1,3k sempet ada niatan buat ngebikin akun baru demi ngebuka mmr gede :''v
    Kadang ntah kenapa gua ngerasa carrry gua kaga sejago carry musuh :''v sedih gitu :v
    Kadang sehari main, win lose sama :''v alhasil kaga ada perubahan :''v
    Ty dah artikelnya, gegara ini gua jadi semangat buat naikkin 2k mmr (walau ini masih terbilang kecil :''v)

    BalasHapus
  90. gan,ane ini kan baru buka mmr.pas udah kebuka itu mmr nya cum 500 ane bingung nih,mau buat akun baru atau ug lama aja,soalnya yang lama udah pernah rampage pakai LC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus kalau udah Rampage knpa? Gak ngaruh sama permainan kamu haha. Saran saya lanjut pake akun lama, biar dapet banyak pengalaman dan pelajaran.

      Hapus
  91. gan, sekalian juga curhat hehe. kan ane role carry kadang support di brackets 2K, terus kadang saya suka kepancing gtu dengan bacotan dari team (apabila saya solo mmr). nah saran tepat yg ane harus lakuin gmana ? ane kadang suka jadi males kalau misalkan di team banyak bacot gtu .. bikin patah semangat ke satu team nya..

    sama satu lagi .. saran buat main pudge apakah harus midlane, atau roaming atau bagaimana ? terima kasih gan..

    BalasHapus
  92. Gua mmr 2000 tapi masih ada yang pinoy ginama cara ngatasinnya

    BalasHapus
  93. Gan saya main awal game moba tuh dota1.. pas main dota 2 awal tahun 2014 lalu buka mmr 2.4k sekarang sudah 2tahun tapi mmr saya ngestuck di 2.7k gimana biar bsa dpt 5k gitu o.o ajarin dong gan

    BalasHapus
  94. Gan. Saya masih newbie . Kalo main saya juga awal awal make invoker wkwk tapi pasti auto lose. Saya masih bingung nih item buildnya gimana ya cocoknya. Kalo bisa tlng dibantu salam.

    BalasHapus
  95. Makasi mas, artikelnya, tambah semangat gua maen ini game, walau mmr gua masi 2k,
    terharu gua baca ini artiker LOL XD

    BalasHapus
  96. Dota itu bundar gan sama kyk maen bola, bakat2an dan hoki2an jg, yang bisa banyak tapi yg jago sedikit, kalo diliat dari hero picknya sih, agan smart (anak IT di ITS loh), fast learner dan hoki tentunya.. Kalo ane liat2 background pemain dota pro kebanyakan memang akademiknya bagus alias udah pinter dari orok..

    BalasHapus
  97. Tenkiu, pengen ketemu dan langsung belajar dah sama agan wkwkk tp gw tipe orng yg otodidak,semoga lu belum mati ketika gw udh 5k.biar bisa main bareng From newbi

    BalasHapus
  98. Sekeras apapun berusaha akan kalah ketika Pinoy ngethrow gara gara ngepick Support tapi "Ako Mid" contoh pick Lion , pick shaman tapi minta mid kalo gak di kasi ya tau sendiri bakal feed terus jalan jalan ke tower terus mati gitu terus ampe musuh bisa beli Rapier. Dan kejadian ini sering terjadi di 3K MMR

    BalasHapus
  99. Najis , curhat sama mama dedeh aja tod , 5k 5k , 3k aja gak tembus2 ngentod .

    BalasHapus
  100. Boro boro 5 k dari mmr pecah di 4 digit aja turunya ampe 700 sakiit rasanya paling jago di team yg kalah :(

    BalasHapus
  101. Nice post, cocok buat gue yang msih stuck di 2,1/2,3K MMR, satu lagi "i talk shit, and i prove my self" -sumail // trus satu saran gue bro, "teamwork mean everything, nothing can beat it", dan yang terpenting di DoTA itu emang support, (pengalaman jadi hard support / semi carry), dan terakhir, kalo lu kalah dan di blame, cukup bilang "at least, i've try my best in this team"

    BalasHapus
  102. keren nih pengalaman agan, ane jg baru2 aja main dota sekitar 1 semester dan sekarang mmr ane 3 digit aja :( (awal buka mmr nya sama kek agan) lg berusaha buat naikin mmr ke 4 digit dulu tp banyak win-lose nya sama alhasil mmr ane stuck -_-
    btw gan misal bikin id baru biar dapet HS atau VHS gimana ya?

    BalasHapus
  103. Gw open mmr 2,2k tapi seiring berjalannya waktu nih mmr kok semakin turun padahal avg gpm/xpm gw 560+ jujur gw gak suka main support tapi main di bracket 1k malesnya ada bocah yang sekedar bacot sok tapi kaga push.cara singkirin bocah bodoh main dota gimana nih min?saran dong

    BalasHapus
  104. wah bs jd motivasi ane yang baru bs ranked match, doakan gan

    BalasHapus
  105. 2014 mmr 700 - 2016 5k mmr ... niat banget main nya gan .. ane mentok 2k aja udah hampa rasa nya .. maklum mental cupu

    BalasHapus
  106. Gimana rasanya main sama pro player bang, pengen juga rasanya dah

    BalasHapus
  107. Buat kalian semua penggemar dota 2, pengguna android saya ada trik nih untuk mendapatkan dollar gratis buat steam wallet, coin line secara gratis, diamond lets get rich atau mendapatkan uang dan pulsa gratis dan legal tentunya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini

    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke install buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun
    facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode FN85301
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3,
    lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$ TAPI JIKA TIDAK MEMASUKAN KODE DIATAS KALIAN AKAN MEMULAI DARI $0.1
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain
    atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah
    sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila
    setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall
    lagi lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah
    hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke
    voucher google play, steam wallet, paypol dan banyak plhannya
    11. Nah kalian bisa deh beli coin line yg bisa digunakan untuk beli stickerline dan item-item dota 2, beli theme, atau buat nge gift doi juga kan lumayan hehehe

    Jangan lupa share trik berguna ini ya~

    BalasHapus
  108. Jadi motivasi buat gue yang stuck di mmr 1,3k. resolusi tahun ini semoga bisa 2k hehe
    doakan ya kak :)

    BalasHapus
  109. Gan pas hadapin 2k, gimana ya ?solo mmr gua stuck terus.. soalnya ketemu team gitu gitu aja... di biilangin baik baik gk mau nurut.... suka ngeblame... tolong dong solusinya..

    BalasHapus
  110. Yah gan saya sering diejek terus cuma 1k gak guna kalo party temen semua udh 3k an , saya barunngerti main dota siapapun bisa bantu gak ya

    BalasHapus
  111. Yah gan saya sering diejek terus cuma 1k gak guna kalo party temen semua udh 3k an , saya barunngerti main dota siapapun bisa bantu gak ya

    BalasHapus
  112. bang cara naikkin skill ke high atau very high skill gimana caranya? saya main KDA lumayan masih tetep normal skill

    BalasHapus
  113. Gw justru seeing main semi support

    Kadang tank - supp (wk)
    Initiator-supp (enigma)
    Ato bahkan nuker - supp (necropos)
    Why?

    Gw Ga bs fokus 1 role doank. Krn gw Ga tau kapan gw bakal dikill 😂

    BalasHapus
  114. Nice article gan, bracket 3k-4k emang MMR hell, batas MMR yang paling sulit ditembus

    BalasHapus
  115. Bagus artikelnya motivasi banget buat yg stuck.. kadang bener sih ngeblame itu ga ngerubah keadaan malah memperburuk.

    BalasHapus
  116. artikel ini yg bikin saya 6k (fail to 7k shit XD) sayangnya id nya udh dijual ke orang USA klo ga salah nick nya sekarang "Papa" salam ggwp gan

    BalasHapus
  117. Om coba kasih tau dong hero yang snowballing selain bs slark sf ?

    Berasa mau delete dota
    Dari 2.4 ke 3.1 mulus banget
    Sekarang stuck di 3.2-3.3k -.-

    Terus tipsnya buat main di bracket 3k ? Cara cara yang ane pake bracket 2k dulu udah ga mempan, musuhnya udah pinter sekarang .-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, gw dari bulan oktober 2016 sampai januari 2017 kemarin stuck di 3k lol. 3k yang penting ptfo aja sih (put the fucking objective), kalau temen tim lu pada ngethrow lu tetep fokus sama tujuan aja wkwkw

      kalau untuk pemilihan hero kurang tau ya, soalnya gw waktu itu random banget semua hero kupake (ngeliat kondisi tim) CMIIW

      Hapus
  118. Gan coba gimana caranya lu ngadepin main tiap match pasti semua player selain lu pick nya carry semua. udah gitu mainnya farming mulu, bukan mentingin objective (tower, rax, dll.) ditambah cara mainnya yang individual. gimana kalo lu ngalamin begitu?

    BalasHapus
  119. wkwkkw sama gan, ane pertama buka MMR 1.5K ditahun 2013
    sering di bully dan malu juga kalo di warnet sebelahan sama yang MMR nya gede, tapi gamasalah ane fokus aja buat belajar dari kesalahan dan game2 yang udah ane jalanin, dan akhirnya tahun kemarin ane udah nembus gerbang 4K ohohoh.. thanks atas sharingnya gan, motivasi nih buat semua kalo MMR kecil itu bukan berarti ga guna, banyak pelajaran yang ane dapet di 1K - 2K terutama pada ego kalo lagi main, dan ane setuju banget tuh, kill bukan apa2, tapi kerjasama team dan push

    #GLHF

    BalasHapus
  120. Hahaha, kali aja yg curhat2an tntang dota disini ada yang pernah adu bacot segame :v. Haha numpang. Lewat

    BalasHapus
  121. Hahaha, kali aja yg curhat2an tntang dota disini ada yang pernah adu bacot segame :v. Haha numpang. Lewat

    BalasHapus
  122. Apakah Anda terjebak, dibatasi dari bank dan Anda tidak memiliki keuntungan dari pinjaman, mendanai buruk atau membutuhkan sejumlah uang untuk membayar tagihan, ingin menginvestasikan uangnya di bisnis Anda. Dapatkan bantuan finansial hari ini
    greatfuturefinancialservices@gmail.com

    BalasHapus
  123. persis sama pengalaman gua gan haha

    BalasHapus
  124. KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    SUSAN BOWMAN saya dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.

    Anda disarankan untuk melengkapi dan mengembalikan rinciannya di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor ponsel: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelum: ________________

    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  125. gw pertama kebuka di 3.3K,, main solo rank di SEA semakin drop, Ya Tuhan
    wkwk

    BalasHapus
  126. KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  127. Penawaran Pinjaman @2% suku bunga !!!

    Perusahaan kami adalah organisasi hukum yang diciptakan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan seperti bantuan keuangan. Kami adalah perusahaan keuangan berbasis USA. Kami memberikan solusi pinjaman hukum kepada individu & pemilik bisnis yang membutuhkan uang tunai. Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan atau dalam kekacauan keuangan dan Anda memerlukan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan, mulailah dengan baik, atau Kesulitan mendapatkan lebih banyak pinjaman dari bank lokal, Hubungi kami hari ini Email: carlylefinancialsolutions@gmail.com

    BalasHapus
  128. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  129. Min gw kan 1.5k tapi supp role aslinya, bagus ga min kalo mau push 2k spam mid ? beda dari role saya sih, kalo gitu jadinya gmna? role saya berantakan apa baik2 aja?

    need pencerahan ^^ Thanks before~

    BalasHapus
  130. Nama saya Mia Fitriani adalah warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 4 kreditur internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberi saya pinjaman dan semua gagal, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet tidak berdaya, saya menemukan kesaksian seorang wanita bernama INDRIATY MANIRJO, yang juga dibodohi oleh kreditur pinjaman palsu, namun akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman legit bernama MAGRET SPENCER LOAN COMPANY dimana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya. , Jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya telah dibodohi oleh 4 kreditur yang berbeda.

    Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya untuk memberi saya pinjaman kepada perusahaan tersebut dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan semua permintaan dari saya dan kepada Tuhan menjadi kemuliaan saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp50.000.000 dari perusahaan besar ini (magretspencerloancompany@gmail.com),

    Dikelola oleh Nyonya Magret Spencer, jadi saya sangat senang hari ini karena MAGRET SPENCER LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya.

    Jadi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan membagikan karya bagus dari Mrs. MAGRET SPENCER. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi perusahaan Email di atas dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dengan 24 jam dan ini adalah Email saya {miafitriani133@gmail.com}.

    BalasHapus

Author

authorFauzan Ramadhani, 19 y/o Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Banyumas Jateng.
Learn More →



Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!