06 Mei 2016

Penjelasan Mengenai Skill Bracket di Dotabuff

Dotabuff 1
Sering banget gw nemuin postingan macem gini di salah satu group Facebok DOTA 2 Indonesia tentang Skill Bracket di Dotabuff, ada yang tanya, "KK gw maen udah pro gini tapi kok masih normal skill? ( sambil posting screenshot last game dengan KDA yang besar )" , ada juga yang tanya gini "kk biar dapet VHS gimana caranya?". Dari beberapa pertanyaan yang sering gw temuin, banyak banget jawaban yang ngawur dan menyesatkan alias asal jeplak. Makanya gw bakal bahas disini, Apa sih Skill Bracket Dotabuff? Gimana caranya biar lu bisa nangkring di VHS dan kenapa lu nggak bisa dapetin VHS walaupun main lu jago.

Dotabuff1

Apa sih Skill Bracket itu?

Apa sih maksudnya Skill Bracket di Dotabuff? Skill Bracket adalah sistem yang dibuat oleh Dotabuff untuk mengelompokkan penggunanya berdasarkan Average MMR di tiap match yang berlangsung. Skill Bracket di dotabuff sendiri dibagi menjadi 3 golongan,
  • Very High Skill ( > 3.7K MMR )
  • High Skill ( 3.2K - 3.7K MMR )
  • Normal Skill ( < 3.2 K MMR )
Skill Bracket Dotabuff dapat dilihat di bawah Nama Hero yang digunakan oleh setiap player pada Dashboard Dotabuff masing masing.

Pengelompokan Skill Bracket sendiri tidak menggunakan MMR Individu masing masing player melainkan menggunakan Average MMR dari tiap game. Ini nih yang sering jadi salah paham sama orang-orang. Jadi intinya, Skill Brackets itu sistem yang digunakan Dotabuff untuk mengelompokan Match di DOTA 2, bukan untuk mengelompokan Skill masing-masing Player. Skill Bracket berlaku untuk Ranked All Pick ( Solo / Party ) dan juga Normal All Pick ( Solo/Party ) yang masing-masing memiliki nilai MMR yang unik. Untuk pembahasan mengenai Jenis MMR di Dota 2 akan di bahas di sini -> Klik disini.

Average MMR?

Average MMR yaitu rata-rata MMR dari setiap player yang bersangkutan dalam game tersebut. Pada setiap Ranked Match Average MMR dari masing-masing team akan terlihat di pojok kanan atas dari masing-masing side, seperti pada gambar berikut,

Dotaskill

Lihat case dibawah ini untuk memahami pengelompokan Skill Bracket berdasarkan Average MMR,
  • Player's MMR of Radiant Side : 4,5K , 5K, 6K , 4K , 5,5K
    Average MMR of Radiant Side = (4,5+5+6+4+5,5)/5 = 5K
  • Player's MMR of Dire Side : 5K , 5K, 6K, 4K , 5K.
    Average MMR of Dire Side : (5+5+6+5+5)/5 = 5K.
  • Average MMR of the Game = (5K+5K)/2 = 5K.
    Skill Bracket Group = Very High Skill ( 5K > 3,7K )

Kesimpulan 

Kelar baca penjelasan di atas mudeng apa tambah mupeng? LUL, jadi intinya Skiill Bracket Dotabuff itu 100% diambil menggunakan Average MMR dari setiap game, dan NGGAK ADA hubungannya sama skill main lo di game tersebut, walaupun lo main sejago apapun tapi Average MMR di game lo itu cuma mentok 3K, ya tetep ke hitung Normal Skill, berlaku juga sebaliknya,walaupun lo main nge feed tapi Average MMR di game lo 5K bakal tetep dapet Verry High Skill.

My dotabuff

dtbf
Skill Bracket setiap player dalam 1 game bakalan sama , karena Skill Bracket diambil dari Average MMR, bukan MMR individu.

Kalo ada yang bawa bawa KDA.GPM,XPM, dll buat nentuin Skill Bracket gw jamin itu jawaban ngawur alias asal jeplak.

Oh ya kalo ada pertanyaan macem gini "ID gw kan baru, dan blm ada MMR nya, tapi kok udah ada Skill Bracketnya? Berarti Skill Bracket nggak ngambil dari MMR dong?". Sekalipun ID baru tetep udah ada MMR nya bro, namanya Hidden MMR, dan untuk penjelasan mengenai Hidden MMR silahkan klik : Apa itu Hidden MMR?

Buat yang mau menyanggah dan mau ngeyel monggo di komentar biar bisa ane baca satu-satu, XD LUL.

GLHF - Fanon.

99 komentar:

  1. terus gemana caranya biar ketemu ama average 5k 6k ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau ketemu average 5k/6k team-mu juga harus average 5k/6k,
      kalo solo ranked, mmr averagenya ngga bakal jauh dari mmr solo mu sendiri, tapi kalo party ranked, mmr averagenya bisa beda jauh tergantung dari party/stack mu.

      Hapus
    2. klo unrangked itu average mmr d seimbangkan jg ?

      Hapus
    3. Gua main gb bareng pemain MMR 3.2k padahal gua baru LV 15 temen temen LV 45 keatas. Roll support mati aja 11 kali nggak ngekill assist 12 Kali high skill... Nice post... Terbukti

      Hapus
  2. Balasan
    1. error bagaimana gan? sudah Expose Public Match Data di settingan dotanya?

      Hapus
  3. mau tanya gan, berarti kalo misal ane dapet vhs itu udah nunjukan mmr ane diatas 3,7? btw ane buat id baru and masih jalanin hidden mmr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara, ya , vhs di id baru nunjukin hidden mmr kita ada disekitar 3.7k keatas, tapi jgn lupa kalo game-game sebelum 10 game calibration perubahannya cukup besar, jadi walau sekarang vhs, nggak menghapus kemungkinan 3 game kedepan bisa turun sampai ke normal skill, berlaku juga sebaliknya.

      Hapus
  4. ID saya cuma dapet 18 VHS,2 Normal, dan sisanya HS, dan sekarang sedang menjalani TBD..
    Kirakira dapet berapa om MMR sya, maunya sih 4k, hehe
    Thanks before, and GOOD JOB Bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ingin Open 4k usahakan Skill Bracket stabil di VHS, soalnya VHS pun masih bisa Kebuka under 4k ( 3.9k-3.8k )

      Hapus
  5. jadi gan klo masih hidden mmr biar bisa naik bracket dari normal ke vhs gimana dong klo bukan dari skill ?(btw gua pengen naek ke vhs )
    berarti klo misalnya ada satu orang dengan bracket normal lalu party dengan vhs yang bisa dicontohkan mmrnya , (1+5+5+5+5)/5=4,( msh hidden tapi di contohkan saja gan) = bracket vhs ikut nular ke yang bracket normal dong. yang normal ikutan vhs ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Dari win, sama seperti ranked MMR
      2. YA, dipost diatas udah dijelasin juga bahwa "Skill Bracket setiap player dalam 1 game bakalan sama , karena Skill Bracket diambil dari Average MMR, bukan MMR individu." , kalo kurang yakin monggo agan main party ber 5, kelar game agan cek skill bracket ke 4 temen again, dijamin hasilnya sama.

      Hapus
    2. Winrate ga ngaruh di Bracket Skill om, saya udah tes. Kalo di MMR ataupun pas lagi TBD, baru Winrate pengaruh

      Hapus
  6. Hidden MMR ditentukan dari normal game gan , kalo inisialisasinya masih blm ada info yang pasti.

    BalasHapus
  7. Gan anda super sekali bisa up dari 800-5k WOW banget . Aku juga ndak mau kalah gan gua bakalan improve dari mmr gua yg 1.3k ke 5k juga biar bisa main bareng sama agan (y) tunggu nick NOCOPYRIGHSOUND gan lawan agan di ranked match :) makasih motivasinya gan tyty ggwp

    BalasHapus
  8. Sorry gan.
    Cuman koreksi dikit.
    Di ID baru itu GPM,LH,KDA,XPM,Healing, itu dihitung kok gan buat naikin Skill Bracket.
    Yang sesuai average mmr itu biasanya buat yang udah kebuka mmrnya.
    Soalnya Saya udah sering bikin ID baru buat dijual :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kalo rolenya support gimana gan ? Kan kda, gpm, lh, dllnya rendah. Gimana kalo caranya stabil di vhs atau hs ? Kalo baru buat

      Hapus
    2. Yang dihitung sih setau gw bukan gpm, lh, dkk.. Tapi ada yg namanya Fantasy Point, kalo sering spectate game biasanya tau... Semakin bagus permainannya (atau mungkin jadi ACE di game itu) semakin besar kemungkinannya naik bracket

      Hapus
    3. Ini nih yg sering gw temuin klo lgi ada org yg bikin ID baru maunya pick Alche, Meepo or Injoker klo msih di begoin sama teori Gpm,Xpm,LH,KDA. LOL
      Gua support blum ada MMR Kalah menang Gpm xpm tergantung klo gw roam dan pasti rendah di banding hero carry. Tpi tetep Vhs, Jdi teori GPM,LH,KDA,XPM lu itu salah.

      Hapus
    4. Setuju tuh jadi banyak ako mid gara2 teori itu, menurut gue sih bener yg fantasy point. Soalnya id baru gue bisa tembus dan stay di vhs meskipun spam hero hero support.

      Hapus
    5. Setuju tuh jadi banyak ako mid gara2 teori itu, menurut gue sih bener yg fantasy point. Soalnya id baru gue bisa tembus dan stay di vhs meskipun spam hero hero support.

      Hapus
    6. Teori GPM XPM, KDA, itu bener gan. Cuma yang orang salah paham, mereka pikir ITU ADALAH FAKTOR UTAMA. Padahal itu salah satu faktor dari beberapa faktor. Obs, sentry, dust, gem, sod, heal, itu juga salah satu faktor. Itu semua nanti ada korelasinya, baca aja dota international resminya. Jadi bukan ngandalin KDA sama GPM-XPM doang.

      Hapus
  9. Gan bedanya VHS sama HVS apa ya? mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo vhs "very high skill" kalo hvs itu kertas gan :v kwkwkwk

      Hapus
  10. gan mau tanya aku baru buka TBD averahe 2k.
    trus kalo main normal mach lagi kira average masih bisa brubah gk pas nerusin tbd lagi

    BalasHapus
  11. Gini Gan.gwa charbaru pertama kali main langsung Party.jadi bracketgwa normal.kalo main solo beda lagi?

    BalasHapus
  12. Gan uknown skill itu apa ya,?aku ada uknown skillnya di dotabuffku

    BalasHapus
  13. gan, setiap gw make crytal maiden kok slalu keinget mantan ya? mohon pencerahan nya gan

    BalasHapus
  14. Gan mau numpang tanya nih...
    Saya baru buat ID baru trus,saya ngerasa permainan saya ud bagus knpa smuanya masi normal skill ya hasilnya.. Gmana ya cara ngrubah ke vhs?? ... Trus itu bisa ngaruh ga ke mmr yg nanti akan kita dapat?

    Mohon balasannya ya gan thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan udah dibahas tuh diatas, vhs gara-gara ente main sama team yg rata" diatas 3,7k MMR. Kalo MMR ente gede tapi main sama MMR kecil ya kemungkinan normal skill.

      Hapus
    2. ngaruh, normal skill berarti nanti dapetnya paling mentok ya 3k. Lo ngerasa bagus, tapi sebenernya permainan lo masih kurang efektif bro. Selain itu, karena itu masih dalam Bracket Normal Skill. Selama kurang lebih 150 game, bakal dicalculate, berapa presentase VHS, berapa HS, berapa NS. Nanti diambil yang paling dominan.

      Gue juga lagi buat id baru, udah 90 game, 83 game VHS, 7 game HS sama NS. Dan kalo main bareng orang mmr 5k, kadang 4k. Intinya improve yourself bro.

      Hapus
  15. Gan kok kalau gw pake enchantress kok keinget mantan ya gan,mohon pencerahannya,soalnya gatel gatel gimana gitu kalau lagi gituan sama enchantress..

    BalasHapus
  16. wahhh akhirnya gw tau sekarang. dah lama bgt gw bingung sama bracket gw kenapa "normal skill" terus padahal KDA gw tinggi. ternyata gara mmr gw kecil, jadi dapat average mmr nya juga kecil gara2 ketemu lawan dan kawan yang mmr nya setara gw yang di totalin gak lebih dari 3,7k mmr. thanks pencerahannya ^^

    BalasHapus
  17. Kan di atas udh dijelasin, kalo skill bracket itu dari average skill team. Pertanyaan aku, gimana cara biar timnya bisa dapet HS/VHS? Karena kalo aku sendiri berkali2 ketemu sama average normal. Alhasil dapet 1100MMR. Di ID yg baru aku masih juga belom dapet HS/VHS. Mohon pencerahannya, trims ��

    BalasHapus
  18. kemaren main MMR avg 3000an , dapat vhs dari elder titan.
    jadi yang bener gimana nih? avg 2000-3000 bisa dapat vhs kok , CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya 2k sama 3k bisa dapet VHS. Tapi karena dua sebab,
      Pertama Karena temen Party lo ada yang VHS, dan dari keseluruhan dalam satu game, mereka semua di VHS, makanya MMR 3k atau 2k yang ada di game tersebut kena VHS juga
      Kedua, karena lo main di public, bukan mmr. Ketika lo bagus dalam beberapa game di Public, bakal di calculate jadi VHS di game selanjutnya. Gue pernah main pub, bracke VHS, rata rata 4k 5k. Tapi ada satu yang 2.8k, dan begitu gua cek dotabuffnya, dia main public di game-game sebelumnya dan Statusnya bagus, trus diangkat di game selanjutnya jadi VHS (ya di game bareng gua ini). Tapi nyatanya dia gabisa ngikutin di bracket VHS.

      Hapus
  19. unknown skill?? mohon penjelasannya min...

    BalasHapus
  20. Ga ngaruh kok bro gw tiap main party keluar bracket normal skill - high skill tp pas main MMR party gw kebuka 4,8

    BalasHapus
  21. Bro, mau tanya. Mmr solo gw 4200 , mmr party msih TBD ,nah pertanyaan nya MMR party nti di pengaruhi dri apa? Dri MMR temen gw ato dri MMR solo gw. Thank you

    BalasHapus
  22. Kalo unknown skil itu jenis yg mana gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. unknown skill itu antara normal skill sama high skill.

      Hapus
  23. Gann ane mao nannya nih kan id ane udh vhs ya yg solo nya nih nah pas party ama yg mmrnya4k tmn ane vhsjuga trs pas partylg ama yg 3,1k tbtb jd hs gimans tuh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya karena emang averagenya di game nya gan, kalo mau liat skill bracket itu jangan main party, coba find solo baru keliatan deh bracket asli kita.

      Hapus
  24. braket gua high skill terus nih gan, bisa gak bantu gua biar dapat very high skill gan... kepingin dapat mmr gede gan... biar terasa main dota Roads Kids

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Gan cara biar skill gk labil gimana ya
    Abisnya tiap liat dotabuff selalu
    Normal skill
    High skill
    Normal skill
    High skill
    High skill
    Normar skill
    ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbaikin cara main lu jgn anginanginan kdng jago kadsng feed, hrus stsbil

      Hapus
  27. Gan cara biar skill gk labil gimana ya
    Abisnya tiap liat dotabuff selalu
    Normal skill
    High skill
    Normal skill
    High skill
    High skill
    Normar skill
    ...

    BalasHapus
  28. gan ane make akun tmen yang masih lvl 10 track nya normal skill pas gua maen vhs eh kluar nya mmr 2.7 ngaruh ga sih gan track awal game?

    BalasHapus
  29. gan kmaren ane main ada orng mmrnya 4k trus ane buka dota buff ehh malah normal skill.. mohon pencerahan gan
    skalian liat2 ni gan masih feeder juga kalau main di terawang dlu gan yang kelaur brp tu >>
    http://www.dotabuff.com/players/369734377

    BalasHapus
  30. gan kmaren ane main ada orng mmrnya 4k trus ane buka dota buff ehh malah normal skill.. mohon pencerahan gan
    skalian liat2 ni gan masih feeder juga kalau main di terawang dlu gan yang kelaur brp tu >>
    http://www.dotabuff.com/players/369734377

    BalasHapus
  31. ga ngaruh deh kayaknya, gw partian sama temen 3k kadang pas maen high skill terus normal, dapet high skill malah pas udah sering kalah, terus pas menang malah dapet normal lagi, gw party ber5 gitu

    BalasHapus
  32. http://www.dotabuff.com/players/293024787 bro gua mau nanya,ini id dota gua kira kira kebuka berapa ya mmrnya? Soalnya gua baru main dota tadinya main hon Makasih.

    BalasHapus
  33. gan ini id dota buff gua: 377603405
    mentok terus di HS gan. kasi saran dong biar biar tembus ke VHS. tolong infonya gan

    BalasHapus
  34. gan ini id dota buff gua: 377603405
    mentok terus di HS gan. kasi saran dong biar biar tembus ke VHS. tolong infonya gan

    BalasHapus
  35. Bro gw di game 3 pertama normal skill. Pas game ke 4 naik HS. Game ke 5 langsung naik VHS tapi di game 15 kok turun lagi ke HS ya. Padahal di VHS ane cuma 3 kali kalah n 10 kali win. 3 kalah itu juga di 3 game awal vhs (game ke 6 7 dan 8) jadi yang bikin naik turun itu apanya? Hero damage? Kan katanya dah diubah gara2 banyak yg spam zeus.

    BalasHapus
  36. jadi cara ngedapetin VHS gimana? masih belum tau caranya

    BalasHapus
  37. jadi cara ngedapetin VHS gimana? masih belum tau caranya

    BalasHapus
  38. gan mau nanya kalo misalkan gua buka TBD di char baru dan gua udah dapet VHS di PARTY dan SOLO match gua, Jadi kalo misalkan gua buka TBD harus pake hero tertentu atau gimana ?, https://www.dotabuff.com/players/387465648/matches?skill_bracket=very_high_skill

    BalasHapus
  39. Buat yg nanya gmn cara dapetin vhs, mending kalian ngaca diri dulu aja tuh maksimalnya di role apa. Dota itu ada 5 role 1. Hardcarry 2. Midlanner 3. Offlaner 4. Semi support 5. Full support. Kalo udh tau role kalian baru belajar gameplay yg bener berdasarkan role itu. Jangan sampe lu pick carry tp lasthit aja gk bisa, jangan sampe lu pick mid kalo harras denied sama aggro aja ga tau, jangan sampe lu pick support tapi ga mau beli cour sama ward.

    BalasHapus
  40. gini kk saya kalau play sendiri normal match dapet VHS tapi pas saya party sama temen saya dapet normal skill itu gimana ya mohon dong pencerahannya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus average gpm xpm saya 630+++ dan average last hit 252

      Hapus
    2. Oh itu karena rata2 mmrmu dan temenmu kurang dari 3k contoh:kamu 3,8kmmr temenmu cuma 2k jadinya kan avrg cuma 2,9mmr.gitu sih yang aku tahu.

      Hapus
  41. Min akukan joki mmr,aku buka TBD game pertama avrgnya 5,1k,habis itu kalah koq turun drastis banget ya sampe 4,6k

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jamal Nur : Itu Average MMR dalam satu game, ada yang lebih, ada yang kurang. Jadi bukan berarti MMR lo 5.1k. Walaupun ketika TBD, average dalam satu game itu sering menunjukan MMR si TBD tersebut, tapi bukan berarti selalu.

      Hapus
  42. Jamal Nur : Itu Average MMR dalam satu game, ada yang lebih, ada yang kurang. Jadi bukan berarti MMR lo 5.1k. Walaupun ketika TBD, average dalam satu game itu sering menunjukan MMR si TBD tersebut, tapi bukan berarti selalu.

    BalasHapus
  43. Gan ni kira2 bisa dpt brp mmrnya?https://www.dotabuff.com/players/396410583/matches

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4k+ asal gameplay agan kaya sebelumnya stabil & bracket vhs stabil atau malah meningkat gameplaynya makin gede lagi hasilnya..

      Hapus
    2. Siap gan makasih arahannya.Semangat wkwkwk

      Hapus
  44. Gw dah ngerti..id saya asli di bracket hs kadang vhs,trus coba pake id baru main party sekalian nemenin kawan belajar dota..kda xpm gpm win oke punya..tapi skill cek dotabuff normal gan,walo streak 15 match win ane carryin, tetep normal karena masi party sama kawan satu itu. Jadi emang average yg diitung.. ane cobain party sama yg uda buka mmr 3.4k langsung jadi hs.kalo menurut ane buat yg bikin id baru ngrasa uda main bagus tapi tetep di bracket normal..usahain main pure solo..nanti hasilnya normal atau hs ya itu pure darimu sendiri..
    Maap kalo sotoy tapi ane cuma share yg ane alamin..ty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tuh gan, ane kalo maen party lsg dapet normal skill. Mending nyiapin id solo sm id buat fun bareng temen2..

      Hapus
  45. gan gw main pake akun baru, dapat abandon 3x tapi match solo vhs.. sering ketemu mmr average di atas 4k, apakah pengaruh tuh abandon ma hidden mmr, kan kdanya jadi turun???

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ngaruh gan..bukan masalah KDA gan..tapi gameplay agan sendiri..kalo emang VHS ya walaupun turun ke HS/NS bakalan balik ke VHS lagi..

      Hapus
  46. Kalo skillnya dibuat processing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu aja gan..nanti muncul juga skill nya..

      Hapus
  47. kalo mennurut gua sih emng bakat kalo mmr lu gede udh itu aja wkwwkwk percuma klo motivasi lu cmn mau dpt mmr 4-5k klobitu gadijadiin gaya permainan lu/ just fun for 4k. maknya setiap replay game lubsendri tonton apa kesalahan lu dmn. knp ko bisa gini gitu. be a smart player aja sih. sry agak keras wkwk btw nih dotabuff gua role supp https://www.dotabuff.com/players/397086201

    BalasHapus
  48. Main normal match bisa bikin skill kita naik ke Vhs ga gan?

    BalasHapus
  49. Nice makin sering main sama MMR 3,2k. Dapet high skill, nggak nyangka... Besok up main sama 5k akh..
    Siapa tau vhs....

    BalasHapus
  50. Gan aku mau tanya, avarage mmrku di tbd solo 3.1k (normal skill) klo semisal mau aku up jadi high skill gimana caranya? pencerahan please ini soalnya udah -8 TBD solo mmr

    BalasHapus
  51. Ketika masuk TBD, MMR kita udah dipisah sama hidden MMR, jadi cukup fokus ke MMR TBD dulu. MMR TBD pun sifatnya masih kayak hidden MMR, naik turunnya jauh, jadi cukup fokus ke performa yang stabil dulu. Buat yang mau ngitung MMR TBDnya berapa, silahkan tiap game dicatat averagenya berapa, nanti dikali 5, setelah game selesai, average yang dikali 5 tadi dikurangi jumlah MMR 4 akun selain agan, sisanya adalah besaran MMR TBD agan. Tapi, yang perlu dicatet, walaupun misal dalam suatu game TBD kita tau MMR TBD kita 3,5k, bukan suatu hal mustahil di game berikutnya agan masih dapet 3,5k, bisa jadi 3,2k, bisa lebih, so fokus ke stabilitas permainan aja.

    BalasHapus
  52. Jadi intinya klo kita mau ketularan vhs harus 1 game ama yg punya mmr gede ya? Dan mmr2 gede adanya di eropa, amerika dan china. Jadi, kita maen di server eropa, amerika atau china. Lol

    BalasHapus
  53. Kalau kita saling peka terhadap team berpengaruh kg sma Bracket?

    BalasHapus
  54. Min TBD Saya 2k tapi makin lama makin naik jadi 2.2 2.4 2.5 saya udah 7 kali macth kira2 kalo saya win terua tembus gak 3k min

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  56. Gan, ane baru bikin id baru.
    ane coba cek pake opendota.com, estimated mmr nya 3.8k. Tapi selalu normal skill di dotabuff nya. itu gimana ya gan?

    BalasHapus
  57. https://www.dotabuff.com/players/480799057 tuh cek xpm hancur type gua support :D wkowokwkow...
    cara main perbaiki... saran gua sih gtu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya gimana mass , punya WA ? ajarin donk gua udah suport pun masih susah VHS

      Hapus

Author

authorFauzan Ramadhani, 19 y/o Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Banyumas Jateng.
Learn More →



Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!