19 Mei 2016

Mastering the Solo Mid

Mastering the solo mid - Kali ini gw mau bagi-bagi tips dan guide tentang salah satu role di dota 2, Solo Mid (Posisi 2). Posisi 2 artinya lo adalah orang yang prioritas farm-nya nomor 2 dalam satu team. Biasanya hero-hero untuk Mid lane nggak terlalu farm dependent dibandingin sama Posisi 1 (Safelane Carry), tapi biasanya mid-laner ini lebih butuh Level agar lebih efektif. Makanya mid lane ini biasanya di pake buat solo, tujuannya biar bisa dapet level dan farm sekaligus. Role dari Posisi 2 di dota perannya cukup penting soalnya nantinya diharapkan bisa ngasih space buat Hard Carry di team biar bisa farm. Hero-hero yang di pake buat solo mid biasanya bersifat semi-carry dan kuat dalam situasi 1vs1.

Seorang Mid-Laner harus punya dua tujuan utama:

Pertama, tujuan lo ada di mid lane itu buat cari level setinggi-tingginya dalam waktu secepat mungkin. Kadang-kadang orang salah paham dan mikirnya kalo prioritas utama dari seorang midlaner itu untuk WIN THE LANE. Ada saatnya lo emang ga bisa menangin lane dan nggak bisa zone-out musuh atau dapetin last hit yang lebih banyak dari musuh lo. Yang paling penting lo jangan sampe mati dan terus dapetin level biar nantinya lo bisa lebih efektif kelar laning phase.

Kedua, coba menangin lane. Menangin lane disini maksudnya last hit yang lo dapet lebih banyak dari musuh lo, deny experience dan farm musuh lo, zoning musuh lo dari lane yang lo tempatin, dan kalo emang memungkinkan buat lo - try to get solo kills. Namun biasanya kill yang terjadi di 1 vs 1 di midlane terjadi karena kesalahan seorang player itu sendiri.

Common Mid-Laners
Storm Spirit Invoker Templar Assassin Dragon Knight Queen Of Pain Puck

Saat lo main sebagai seorang midlaner, jangan sampai lo lupa dengan player yang ada di lane lainnya. Lo harus perhatiin juga lane-lane lain, coba tingkatin map awareness lo, sering-sering cek minimap dan hati-hati kalo ada gank dari musuh. Ngebantu temen di team fight terutama di early dan mid game juga hal yang penting buat seorang mid-laner, dengan level yang paling tinggi di team biasanya lo bakal punya potensi di team fight yang paling besar. Makanya jangan lupa bawa TP, saat lo mau bantu temen lo di lane lain, bakal lebih efisien saat lo pake TP. Saat lo mau rotasi ke lane-lain lo harus perhitungkan betul-betul dulu. Lari-lari di map tanpa rencana dan nggak ada hasil malah bakal ngebuat musuh di mid lane yang lo tinggalin free farm dan bakalan outfarm lo sendiri.

Farming and Creep Equilibrium

Note* : Creep Equilibrium = Titik temu antara lane creeps lo dan lane creeps musuh
Walaupun last-hit dan farming keliatannya gampang, ada banyak hal yang bisa lo lakuin agar farming yang lo lakuin lebih efisien dan lo bisa ngontrol creep waves lebih baik. Posisi yang ideal buat lo farming yaitu saat creep equilibrium ada di high ground lo - yang artinya musuh lo harus farming dari lower ground dan harus attack upper ground. Tapi yang namanya ideal kadang-kadang emang gak bisa lo wujudin, kalo udah gitu jangan lo paksain yang ada kesel sendiri ntar.

Blocking creeps saat game baru di mulai


Saat game baru di mulai lo harus perkirain dimana posisi creeps bakalan ketemu di middle lane nantinya. Kalo dari lo dan musuh lo sama-sama nggak ada yang ngeblock creep nantinya creep bakalan saling ketemu di low ground alias river. Tapi kalo lo coba untuk nge block creep, nantinya creep bakalan ketemu lebih deket dengan tower lo. Saat lo ngelakuin creep blocking ini lo punya 2 pilihan, yaitu block semua creeps atau biarin 1 creep lewat dan block sisanya. Pilihan yang pertama bakal ngasih lo posisi yang lebih baik buat lo farming dan ngasih lo keuntungan buat last hit dan deny. Musuh lo terpaksa buat last hit dari lower ground yang artinya ada kesempatan buat miss attack buat hero-hero range. Pilihan kedua, lo ngebiarin 1 creep lewat dan nge block sisanya, artinya creep musuh bakalan ketemu dengan creep yang lo biarin lewat di tempat normal saat creep nggak di block (river). Creep musuh bakalan nyerang creep yang lo biarin lewat. Hasilnya creep yang lo biarin lewat bakalan mati duluan, yang artinya musuh lo bakalan punya push power yang lebih lo. Yang akhirnya lo bakalan punya keuntungan highground juga seperti pilihan pertama.

Untuk latihan, saat lo pengin nyoba pilihan kedua, ( lolosin 1 creep ), lebih baik lo lakuin di tengah jalan saat lo ngeblock semua creep. Soalnya kemungkinan besar musuh lo ngelakuin blocking creeps juga. Dan kalo emang ternyata musuh lo ngelakuin blocking creeps, creep yang lo biarin lolos bakalan nyampe ke high ground musuh kalo lo lakuin hal ini dari awal.

Pulling creep wave saat laning stage 


Saat creep wave udah mulai berantem, ada beberapa cara yang bisa ngebantu lo buat narik creep wave lebih deket ke arah tower lo ( high ground ). Lo bisa narik aggro creep musuh dengan cara attack ke hero musuh di lane lo. Syaratnya lo harus berada 500 range di deket creeps musuh, kalo lo ada di luar 500 range ini creep musuh nggak bakalan peduliin lo wkwkwk. Saat lo berhasil narik aggro creep musuh, mereka bakalan nyerang lo dan ngikutin lo dalam waktu 1-2 detik, setelah 1-2 detik ini creep musuh bakal mulai nyerang target yang paling dekat di range mereka.You have two options in general  Either you can draw creeps’ aggro and pull them next to your ranged creep. Enemy melee creeps will attack it and will then kill it quickly - as a result the wave will push towards your tower.

Lo Punya 2 Pilihan :
  • Lo tarik aggro creep musuh dan bawa mereka ke ranged creep lo. Creep musuh bakal mulai nyerang ranged creep lo dan ranged creep lo bakalan mati lebih cepet ( R.I.P Ranged Creep FeelsBadMan ). Hasilnya creep wave musuh bakalan punya pushing power yang lebih dari creep wave lo, yang berarti lo bakalan punya high ground advantage.
  • Lo bisa tarik aggro creep musuh terus-terusan dengan cara lo coba serang hero musuh setiap 1-2 detik. Creep musuh bakalan ngikutin lo sampe ke high ground. Kalo musuh lo nggak ngelakuin apapun buat antisipasi pull yang lo lakuin maka creep lo juga bakalan ngikut creep wave musuh balik ke high ground lo. Kalo musuh lo ada di 500 range dari creep lo dan dia juga ngelakuin hal yang sama maka creep lo nggak bakalan balik tapi bakalan ngikutin hero musuh lo. Yang artinya lo nggak punya apapun buat nge-tank creep musuh yang barusan lo tarik, disini lo bakalan punya 2 pilihan lagi, pilihannya tergantung dari regen dan kemampuan last hit di bawah tower yang lo punya. Kalo lu punya regen yang cukup gede, lo bisa coba untuk nge tank damage dari creep wave sambil nunggu new wave dateng, dan kalo lo nggak punya regen yang cukup, lebih baik lo tarik creep wave ke tower lo dan coba untuk last hit di bawah tower. Dari dua pilihan tadi musuh lo bakalan susah buat nge deny farm yang lo punya. (EZ farm)

Pushing creep wave saat laning stage 
Ada kalanya nge-pull creep wave itu nggak segampang biasanya. Kalo udah begini, lo bisa push creep wave ke arah tower musuh. Tujuan utama dari nge-push creep wave ke arah tower musuh ini yaitu supaya nantinya kelar creep yang lo push mati semua, new creep wave bakalan ketemu di titik normal lagi (river). Maka dari itu, saat creep equilibrium ada di high ground musuh, dan lo nggak bisa nge-pull wave dengan baik, lo bisa reset creep equilibrium dengan cara push creep wave. Keuntungan lain dari nge-push creep wave ini yaitu lo nggak perlu buat terus-terusan stay di lane sampe new creep wave dateng. Lo bisa jungling, checking rune, stacking ancients atau rotate ke lane lain sambil nunggu creep wave yang baru nyampe di mid.

Last Hitting dan Denying saat laning stage
Biasanya hero dengan attack damage yang lebih besar bakalan punya last hit dan deny yang lebih banyak. Selain dengan normal attack, lo juga bisa make skill/spell yang lo punya buat last hit, terutama saat lo bener-bener butuh bottle secepat mungkin. Jangan pelit-pelit mana bro, Mana lo Full nggak ada gunanya lo juga punya base mana regen kok.

Tapi perlu lo ingat juga, make skill AoE (Area of Effect) buat last hit bukan ide yang bagus, soalnya secara otomatis lo bakalan ngepush wave yang artinya musuh lo punya posisi yang lebih ideal. Hero-hero melee biasanya bakalan lebih susah buat dapetin last hit dari pada hero-hero range. Hero Melee biasanya nggak akan diem deket-deket sama creep wave biar gak kena harass. Tapi nge tank beberapa damage buat ngedapetin last hit masih lebih baik dari pada kaga dapet farm sama sekali, yang penting lo harus hati-hati jangan sampai HP lo minim banget dan ngasih chance buat musuh dapetin solo kill.

Harassing and Zoning Out

Harassing a.k.a Nyicil musuh dan Zoning Out adalah prioritas kedua. Seperti yang udah gw bahas diatas, lo ada di mid itu tujuan utamanya buat dapetin level dan farm, bukan cuma untuk menangin lane.
Harassing musuh bisa lo lakuin dengan 2 cara :

Passive harass
Lo bisa pake auto-attack buat nge-harass musuh lo. Passive Harass bakalan efektif saat musuh lo make hero melee. Perlu lo ingat bahwa auto-attack bakalan narik aggro dari creep sedangkan speell/skill nggak.

Active harass
Saat lo pengin make spell/skill yang lo punya buat nge-harass musuh, lebih baik lo jangan langsung auto-attack hero musuh, tapi deketin dulu sampai cast range dari spell/skill yang lo punya sudah cukup, kalo lo cast spell yang lo punya di luar cast range nantinya lo bakalan narik creep aggro. perlu di ingat juga AoE spell yang lo cast ke hero musuh ada kemungkinan bakal kena ke creep di sekitarnya, yang artinya lo bakalan ngasih keuntungan dalam hal positioning. Saat temen lo ada inisiatif buat nge-gank musuh di lane-lo, gw saranin lo mulai coba ngeharass musuh lo biar gank yang temen lo lakuin bakalan punya potensi kill yang lebih besar.

Zoning out



Zoning out biasanya punya resiko yang lebih besar dari pada harassing, soalnya lo bakalan sering out of position, dan bakalan gampang kena gank dari musuh. Selain itu agar lo bisa nge zone out musuh lo di mid, hero yang lo pake harus lebih kuat saat di ajak jotos jotosan 1 vs 1 di midlane.

Lo dikatakan berhasil nge-zone out yaitu saat musuh lo nggak punya akses buat farming dari creep wave. Cara yang paling gampang buat nge-zone out yaitu dengan cara berdiri diantara hero musuh lo dan creep wave, biasanya di high ground musuh. Yang artinya posisi lo bakalan gampang buat di gank oleh musuh, makanya lo harus pinter-pinter liat kondisi sekita + minimap saat lo coba buat zone out musuh dan main agresif.

Biasanya saat lo takut kena gank dari musuh adalah awal "zoning out". Saat lo sadar kalo support-support team musuh ilang dari map dan lo mulai main safe di deket tower, dan ngebiarin musuh lo buat positioning saat itu pula musuh lo berhasil nge-zone out lo dari midlane.

Nge-Zone out musuh saat lo make hero melee bisa dibilang cukup susah, soalnya lo harus berdiri di antara creep wave dan hero musuh lo PLES last hit di waktu yang sama.

Harass musuh juga bisa jadi salah satu cara untuk nge-zone out musu lo, terutama saat musuh lo nggak punya regen lagi ( tango abis, bottle kosong ). Dengan zoning yang baik lo bisa maksa musuh lo buat jalan balik ke fountain.

Positioning and Vision

Ada dua tipe positioning di midlane : Aggresive dan Defensive.
Lo dikatakan aggresive dalam positioning saat lo ada high ground musuh atau di antara musuh lo dan creep wave. Positioning macem ini bagus saat lo ada niat buat zoning dan harass musuh. Tapi dengan positioning yang seperti ini lo bakalan punya resiko di gank yang cukup besar, oleh karena itu positioning seperti ini jangan lo pake saat ada kemungkinan gank dari musuh.

Defensive Positioning artinya lo berada di high ground lo sendiri, yang artinya lo punya vision yang lebih luas dan kemungkinan buat antisipasi gank musuh lebih besar. Saat lo main sebagai Radiant, posisi yang baik yaitu di sebelah kanan, sedangkan buat Dire ada di sebelah kiri. Kok gitu? soalnya saat lo main lawan defensive trilane, biasanya musuh lo bakal nge-gank dari arah jungle mereka (safelane musuh).


Saat lo berada di posisi dekat dengan tower, temen lo bakalan gampang teleport dan ngebantu lo saat lo di gank musuh. Saat Day Time biasanya kemungkinan gank lebih kecil dari pada saat Night Time karena saat Day Time lo bakalan punya vision yang lebih luas dari pada saat Night Time. Jadi saat lo rasa lo butuh vision di midlane, minta baik-baik ke support lo buat masang Observer ward di mid high ground, dan kalo support di team lo mungkin mlarat gold alias miskin lo bisa beli sendiri pake gold yang lo dapet dari farming solo mid, lagian yang butuh kan lo sendiri, cuma 75 gold pula, 1 creep dan dengan 75 gold itu lo bisa lebih aman dari gank musuh.

Rune Control

Hal yang terpenting dari rune controlling itu bukan lo ngedapetin rune nya tapi;
Yang pertama dan paling penting adalah dengan rune controlling ini lo gak ngebiarin musuh lo punya keuntungan lebih besar dengan rune yang ada, karena dengan ngebiarin musuh lo ngambil rune lo bakalan ngasih kesempatan buat mereka untuk nge-gank lane lain atau make efek dari rune buat nge zone out lo dari midlane nantinya. Oleh karena itu bakal lebih baik lo ambil rune yang ada walaupun lo nggak butuh efek dari rune tersebut dari pada lo biarin. Kalopun lo nggak mau ngambil rune yang ada paling nggak pastiin lo punya vision dari rune tersebut buat jaga-jaga siapa tau musuh lo yang ambil rune tersebut.

Hal penting yang kedua adalah untuk refill a.k.a isi ulang Bottle mu. Dengan controlling rune saat lo punya bottle artinya lo dapet 3 charge baru dari bottle yang lo punya + efek dari rune yang lo ambil yang nantinya mungkin berguna buat lo di lane.

Yang ketiga adalah efek dari rune itu sendiri,  dengan efek yang lo dapet dari rune yang lo ambil lo bakalan punya kemungkinan yang lebih besar untuk ganking atau pun winning the lane.


Pastikan saat lo mau ngambil rune lo push creep wave terlebih dahulu. Saat musuh lo berencana buat contest rune mereka bakalan miss beberapa experience dan gold dari lane creep karena creep wave nya barusan lo push dan creep lo bakalan mati karena tower attack.

Kills, Rotation, and Timings

Kill yang terjadi saat lane stage di mid 1 vs 1 biasanya terjadi karena kesalahan player itu sendri. Dari awal lo emang bukan di tujuin buat dapet solo kill di mid. Namun saat musuh lo low health dan ada di posisi yang salah, lo bisa coba untuk kill mereka. Tapi inget low hp musuh lo bisa jadi cuma bait dan sebenernya ada back up yang udah musuh lo siapin yang akhirnya malah lo sendiri yang kena kill. Lo juga bisa dapat solo kill dengan bantuan efek rune yang tepat. Yang perlu lo pahami yaitu solo kill di mid juga tergantung dari hero yang lo dan musuh lo pake, dan juga perbedaan skill masing-masing player.

Saat bicara soal rotation ke lane lain mungkin sebagian dari kita bakal mikir kalo itu hal yang sulit buat di lakuin. Lo harus tetap keluar dari vision musuh saat lo pindah ke lane lain. Kalo sampe musuh tau dimana posisi lo mereka bakalan mundur ke arah tower atau jungle dan percobaan lo untuk nge-gank bakalan gagal. Ada dua alasan kenapa seorang midlaner harus melakukan rotation, yang pertama karena lo nggak bisa stay di lane karena lo kena harass dan zoned out dari midlaner musuh lo, yang kedua karena karena lo percaya bahwa lo bakal dapet ez kill dengan rotation yang lo lakuin. Rotation tanpa alasan yang jelas saat lo sedang mendominasi midlane adalah bukan ide yang bagus karena dengan rotation yang lo lakuin midlane musuh bakalan punya kesempatan buat comeback. Kadang-kadang lo bisa push creep wave terus balik ngejungling daripada harus rotation ke lane lain yang hasilnya belum jelas. Musuh lo bakal mikir kalo lo sedang rotate/ngegank lane lain dan mereka bakalan main safe padahal lo sendiri sedang enak enakan jungling LUL.

Saat lo ingin rotating lo punya dua option yang bisa lo lakukan,
One, lo bisa jalan/lari ke lane lain. Pastikan selalu push mid lane sebelum lo pindah ke lane lai karena dengan begitu musuh lo bakal punya vision yang lebih sempit dari lo. Kemudian lo harus milih apa lo bakal make smoke of deceit atau nggak. Kalo lo pikir musuh punya ward di jalan yang bakal lo lewatin lebih baik lo pake smoke, plus movement speed lo bakal nambah dikit. Perlu di ingat saat musuh lo nggak liat lo di mid, ada kemungkinan mereka bakal main safe, makanya Timing is everything.



Two, lo bisa pake TP scroll buat mindahin lo langsung ke lane lain. Cara ini juga sama, pastikan lo push mid lane sebelum lo TP agar musuh lo punya vision yang lebih sempit dari sebelumnya. Lo juga harus kira-kira kemana lo bakal teleport. Kalo sampe musuh liat lo teleport, kemungkinan besar mereka bakal mundur cari aman Oleh karena itu lo bisa teleport ke belakang tower, atau lo bisa TP ke tower yang lebih jauh ( T2 tower misalnya ). Dengan TP ini lo juga bisa join team fight lebih cepat dari pada harus jalan dari midlane ke lane tujuan lo.



Perhatikan pergantian Day-Night Time saat lo main di mid lane. Saat Night Time lo dan musuh lo sama-sama bakalan punya vision yang lebih sempit, dan akan lebih mudah untuk di gank satu sama lain. Oleh karena itu Night Time adalah waktu yang paling tepat buat lo memulai ganking.

Hero Match-ups 

Semua poin-point yang disebutkan sebelumnya semua terganting dari hero yang lo pake dan hero yang musuh lo pake. Saat lo ada di pihak yang di rugikan dilihat dari hero match-up, jangan tinggalin lane lo begitu aja. Coba buat dapetin level dan farm walaupun sedikit, dan rotate ke lane lain saat lo pikir lo punya chance kill yang besar (ex: lvl 6 storm, lvl 5/6/7 Pudge).

Netep di lane lama-lama saat lo lawan musuh yang lebih kuat dari lo bakalan ngebuat lo underleveled dan underfarmed. Semakin lama lo bakalan makin dirugikan. Dengan lo ngelakuin rotation lo bakalan nge bantu menangin lane lain walaupun lo ngga bisa menangin lane lo sendiri.

Saat lo punya keuntungan akan musuh lo di midlane, stay di lane selama yang lo dan team lo bisa. Dengan lo stay di lane selama mungkin saat punya advantage di midlane, lo bakalan dapet farm dan level yang jauh lebih besar daripada midlaner musuh dengan begitu lo bakal bisa snowball the game. Tapi bukan berarti lo gak pernah rotate ya, kalo lo pikir lo punya kesempatan buat rotate yang bagus dan menguntungkan, kenapa nggak lo lakuin?


Saat lo make hero-hero yang punya high mobility di early-to-mid game, lo bisa sering-sering rotate ke lane lain, sedangkan saat lo make hero-hero yang punya low mobility dan bukan termasuk strong ganker, maka stay di mid lane lebih lama adalah pilihan yang paling tepat.

Conclusion

Saat lo main sebagai Posisi 2 di mid lane bukan berarti lo ada buat tanding 1 vs 1 lawan musuh lo di mid lane nantinya. Lo ada di mid buat cari level dan farm secepat mungkin supaya lo bisa ngebantu team lo nantinya. Jangan bermain terlalu aggresive. Solo kill oleh mid laner musuh bakalan ngasih dia keuntungan buat snowball dan gank ke lane lain. Jangan cuma fokus di midle lane saat lo main sebagai Mid-Laner, selalu waspada dengan lane lain dan kemungkinan gank yang ada. Overall, the job of the mid player in the laning stage can be summarized into one sentence – get as much experience and farm as you can and move out and rotate to other lanes when the opportunity arises.


GLHF - Fanon
Source : Dota2navigation

4 komentar:

  1. gini nih, nice gan, btw kita temenan di steam kwaowkoaw

    BalasHapus
  2. min mau nanya kalo kita dapet tower di mid tapi bikin kita mati itu kita rugi atau untung?

    BalasHapus
  3. thanks banget thread yang satu ini, dapet ilmu banyak gue.

    BalasHapus
  4. Min, kalo di Tower di mid udah ancur, gua harus tetep main di MidLane apa gimana?

    BalasHapus

Author

authorFauzan Ramadhani, 19 y/o Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Banyumas Jateng.
Learn More →



Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!