16 Mei 2016

Kesalahan Umum Support di Laning Phase

Kesalahan umum support di Dota 2 di Laning Phase | Common Support Laning Mistakes - Jadi Support yang baik di Dota itu susah, doi harus punya "Game Knowledge" yang baik, "Map Awareness" nya juga harus jalan terus, punya mental yang bagus, dll. Belajar jadi support itu butuh waktu dan usaha yang nggak sedikit mas bro. Banyak aspek yang seorang support harus latih dikit demi sedikit. Nah disini gw bakal nge post tentang beberapa kesalahan oleh support di laning phase yang sering gw temuin di Pub game. Selain itu bakal ada penjelasan tentang apa yang harus lo lakuin dan apa yang harus nggak lo lakuin saat ada di posisi tertentu.


 

Seorang support yang baik/jago harus tau gimana caranya ngebantu temen di lane, gimana caranya nge-gank musuh, gimana caranya counter-gank, kapan dan dimana harus pasang ward, gimana cara farming di waktu yang tepat, dan masih banyak lagi. Intinya jadi Support yang jago macem bang Puppey or Peedur (PPD)  itu ribet bin susah. Makanya jangan suka ngeremehin role yang satu ini yak wkwk. Dibawah ini beberapa kesalahan umum Support Player yang sering gw temuin di Pub game;

Gabut + Maling XP


Ini kesalahan yang kadang bikin gw gedek juga kalo lagi main as carry. Gabut + Maling EXP. Sembunyi di belakang carry, sama sekali nggak ngasih kontribusi di lane, mereka nggak nge-harass musuh dan nggak ada di posisi yang tepat kalo misal tiba-tiba ada potensial kill. Yang paling nyebelin dari semua itu, mereka juga ngambil setengah XP dari total XP yang didapat dari lane. Mereka secara nggak sengaja ngebuat kondisi lane semakin buruk buat si-Carry dari pada saat mereka nggak ada. Support yang model begini sama sekali nggak ngebantu seorang carry di lane-nya bro, malahan ngebikin susah hidup carry yang udah susah doang. Support yang roaming di menit-menit awal masih lebih baik dari pada support macem ini, kerjaannya cuma duduk gabut di lane yang justru ngasih negative impact ( maling exp core) buat rekan satu team. Dengan kerjaan support yang gabut dan cuma maling exp di lane ini alhasil offlaner musuh bakal punya level advantage dan chance kill yang besar.

Dari gambar diatas, apa yang seharusnya Lina lakuin? Saat lo ada di posisi Lina sebagai support, sebaiknya lo tunggu di hutan deket lane, sembunyi dari vision musuh sampai creep wave lewat (Biar ngga kena aggro creep). Kelar creep wave lewat lo mulai deh harass offlaner musuh dari belakang.


Tukeran right click kalem aja bro ( sedia healing salve/tango). Dengan begitu lo bakal berhasil zoning offlaner musuh lo dan carry lo bakal free farming untuk beberapa saat. Offlaner musuh bakal mundur ke tower mereka dan doi otomotis keluar dari XP range di lane yang lo jaga.

Saat lo udah berhasil nge-zoning offlane musuh, lo bisa berdiri di antara creep line dan offlaner musuh dan terus jagain offlaner musuh dari exp zone biar doi nggak dapet level. Tapi jangan lupa juga bro hindari creep wave yang baru dateng, jangan sampe lu narik agro dari creep wave yang baru dateng.

Di posisi ini lo bisa berdiri cukup jauh dari creep line dan nggak ngambil XP dari lane creeps (Ngasih Carry solo XP) atau berdiri cukup dekat dengan creep line dan bagi-bagi XP dengan carry lo. Di kasus kali ini bukan lagi maling XP namanya bro wkwk . Yang terpenting yaitu tetep jagain offlaner musuh, jgn biarin doi leeching EXP di lane dan keep ur carry free farming.

 

Ikut-ikutan Deny

Banyak support yang berpikir kalo mereka bakal ngebantu farm carry dengan nge-Deny Creeps buat mereka. Tapi yang ada malah sebaliknya bro, lu malah mempersulit farm mereka, mending lo biarin si-carry buat ngatur lane creep lo, biarin dia atur posisi optimal buat farming deket tower tapi di luar range tower. Dengan ikut-ikutan nge-Deny lane creeps lo bakal ngasih impact yang negative buat tim contohnya: a). buang-buang waktu, carry lo bisa deny sendiri keles. b) lo bakal ganggu balance dari creep line yang sedang carry lo bangun. c). Timing deny lo dan carry lo bakal tubrukan yang malah ujung-ujungnya gagal deny. Satu-satunya waktu buat support ikut nge-deny creeps yaitu saat lo pengin narik creep line yang udah terlalu nge-push dan nggak optimal lagi buat carry lu farming disitu. Selain itu biarin masalah deny creeps jadi urusan carry dan lo lakuin hal yang bermanfaat lainya buat team lo.

Salah Paham tentang Pulling Creeps

Stack-Pull, Chain-Pull dan Single-Pull merupakan beberapa hal penting yang seorang support harus tau. Selain itu seorang support juga harus paham betul kapan harus Pull dan kapan harus NGGAK Pull.


Di gambar diatas bisa dilihat Crystal Maiden (Support) sedang Pull camp yang sudah di stack. Padahal posisi creep line sudah berada di posisi optimal buat Troll (Carry) farming yaitu di dekat tower dan diluar range tower. Dengan Pull yang dilakukan Crystal Maiden, secara otomatis si Troll ini harus last hit di bawah  tower dan bisa jadi doi miss beberapa CS (Creep Score) karena tower ikut attack creeps.
 
Seorang support yang baik bakal Stack-Pull atau Chain-Pull disaat creep line terlalu jauh dari posisi optimal seorang carry buat farming, bukan saat creep line sudah berada di posisi optimal untuk farming.

Jangan Single-Pull saat lo nggak ada niatan buat nge-push. Sering juga gw nemuin support yang setiap menit pasti bakalan ngepull dari easy camp yang belum di stack tanpa di double pull. Saat lo ngelakuin hal ini secara nggak langsung lo ngebantu Offlaner musuh buat ngedapetin Level + Farm, perlu lo ketahui, saat lo ngelakuin Single-Pull di easy camp, lane creeps yang lo tarik nggak akan habis oleh easy camp yang lo pull, dan lane creeps musuh bakalan mati duluan karena tower attack. Alhasil lane lo bakal punya 2 creep wave secara bersamaan yang ujungnya creep line bakal nge-push ke tower musuh, Artinya Offlaner musuh dapet XP + Farm karena single pull yang lo lakuin. Satu-satunya waktu yang tepat buat lo ngelakuin single-pull yaitu saat lo dan team lo emang berencana buat ngepush lane dan take T1 tower musuh.

Beberapa kesalahan yang cuma ada di low tier seperti : Support ikut last-hit, dll. emang sengaja nggak gw tulis disini, soalnya itu bukan kesalahan umum seorang support, tapi emang yang main-nya aja masih belum paham definisi support itu sendiri. Buat yang mau nambahin silahkan di komentar biar gw review nantinya.

GLHF - Fanon.

16 komentar:

  1. kasih pencerahan tentang dual mid dong bro. kapan harus/bagus untuk dual mid, kapan engga

    BalasHapus
    Balasan
    1. dual mid bagus kalo ente punya soulmate yang di percaya bener2... (dan main sebelahan)

      soalnya kalo main MM solo trus minta dual mid yang ada mala berantem haha..

      Hapus
  2. makasih gan berguna banget

    BalasHapus
  3. mas bro, tolong dong review tentang kerja sama tim gitu. rada kesel banget nih, kalau satu tim sering berebut kurir, alhsasil yang ga mau ngalah yg item nye cepet jadi -_- please review! udah gondok!

    BalasHapus
  4. apalagi berebut mid di awal tuh gimana e, alhasil di salah satu line bawah atau atas gtu cuma ada 1 hero, jadi 2 vs 1 ? wew, kalau carry nya ga lemah ( herro kuat, misalnya ) sih gpp, kalau seumpama hero carry tapi lemah kan bakalan ke push sama lawan terus, tuh gimana sih, please buat review nya mas bro. nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindah lane... beli stout shield trus ke jungle... (yang waras ngalah)

      seenggaknya 1 carry harus jadi...

      dan ga bole emosi.. kalo uda emosi game kaya apapun bakal sulit

      Hapus
    2. gunakan kata" me mid or feed or ez -25 haha

      Hapus
  5. mksh buat infonya gan berguna banget buat gue yg lagi blajar suport

    BalasHapus
  6. Satu lah lagi yang harus diketahui semua role, khususnya support. Bahwa KS sebenarnya gak ada. Itu cuma istilah yang dibuat player SEA server. Kalan gak akan nemuin di server lain. Jika ada diserver lain pasti Dendi ngamuk sama supp kalo di KS. Emang carry tugasnya farm dan dapetin gold sebanyak mungkin, bukan berarti SUPP gak punya hak untuk kill. Supp punya hak untuk kill apabila carrynya gak bisa ngejar, kehabisan mana atua mainnya masih ngaco. Karena tugas SUPP salah satunya jagain anggota lain biar selamat dan salah satunya ngekill musuh biar anggtanya selamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane selalu bilang maaf kalau pake support isinya ks semua , padahal itu ngga sengaja :D

      Hapus
    2. ada istilah KS.. tapi ga lebay..
      exp sama... gold beda.. (misalkan kill 200 assist atau kena KS 100)
      but, sumber pencarian utama carry itu dari creep... gausa maruk karna support butuh gold jg buat dust, ward, sentry.. jadi ya gausa maruk juga carry nya.. (secara semua creep uda buat carry kan)

      Hapus
    3. KS kayanya berlaku untuk carry-carry deh.. kaya snip yg basic ez KS, akibatnya kawan setimnya ketinggalan item karna gold si snip otomatis lebih banyak dari carry yg hampir bunuh lawan..

      Hapus
    4. Bener, KS itu ga ada. Masalah siapa yang kill, yang penting hero lawan mati, itu yang bener. Pemain pro ga peduli siapa yang nge bunuh lawan, apalagi pas di turney. KS itu cuma ada di Indog Pinoy dan Malayshit, mereka yang ga nge Spell sampe Enemy sekarat, baru di spell.

      Hapus
  7. Oiya balro, tambahan. KS itu sebenernya bukan bermaksud buruk, KS itu fungsinya kalo carry udah gk ada kemungkinan buat ngekill, dan si support bisa ngekill, lebih baik si supportnya nge KS, dibanding musuh selamat, dan lu gk dapet apa apa. Kebanyakan orang orang salah artiin KS. Fuck u support, always KS, hehe.

    BalasHapus

Author

authorFauzan Ramadhani, 19 y/o Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Banyumas Jateng.
Learn More →



Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!