08 Mei 2016

Pub Trends 2 Minggu setelah Patch 6.87 Live

Hampir 2 minggu sudah Patch 6.87 di implementasikan, cukup banyak perubahan yang terjadi baik di Pub maupun Competitive Scene. Pada umumnya, Meta Game akan berubah baik di Pub maupun Professional Matches beberapa minggu setelah patch keluar, namun perubahan yang telah terjadi ternyata tidak se-drastis yang di bayangkan. Faktanya perubahan sistem pada Ranked All Pick merupakan faktor terbesar dalam perubahan Meta Game di 6.87 di bandingkan dengan efek yang dtimbulkan oleh boost/nerf pada Hero dan Item. Hero Tanker Cores bertipe Strength menjadi hero yang paling dominan di patch kali ini, sedangkan hero bertipe Intelligence yang sebelumnya cukup populer mulai ditinggalkan.



Biggest Winners (3%+ win rate increase)


AXE


Di patch kali ini Axe bener-bener di jadiin Anak Emas, bukan cuma Dirrect Buff yang doi dapet, beberapa Item cores doi pun ikut di buff IceFrog. Perubahan pada Blade Mail dan Counter Helix bakal ngebantu banget Potensi Axe di late-game. Bahkan setelah minor nerf di patch 6.87b, win-rate AXE masih stabil dengan score yang relatif tinggi dan hanya turun kurang dari %1. Bahkan di professional scene AXE pun makin sering di mainkan saat ini.

Life Stealer


Dengan dominan-nya Hero-hero Tanky di 6.87, secara tidak langsung Life Stealer mendapatkan benefit saat berhadapan dengan hero musuh yang memiliki Max HP Tinggi, selain itu doi juga dapet Buff Strength Growth yang lumayan besar. Terlebih lagi buff yang di implementasi pada Armlet of Mordiggian benar-benar membawa Life Stealer Back to Meta, dan menjadikan doi hero core yang gak bisa di anggap remeh. Life Stealer pun cukup sering terlihat di beberapa Professional Matches akhir-akhir ini.

Slark


Slark sebenarnya tidak menerima boost/nerf langsung pada update kali ini, tapi faktanya win-rate Slark meroket naik hampir sebesar %5 sejak patch 6.87 live. Di Patch sebelumnya pun Slark bisa di katakan salah satu Good Hero yang ada. Perubahan pada Item Silver Edge juga menambah ke-"OP"an dari Slark picker sampai saat ini. Bahkan New Item Echo Sabre sangat cocok dengan Slark yang mana saat ini Slark merupakan hero dengan build Echo Sabre tertinggi. Efek dominan-nya hero-hero Tank, adalah berakibat pada berkurangnya DPS yang dihasilkan pada hero core. Hal tersebut menjadi salah satu alasan Slark semakin berjaya di patch 6.87.

Elder Titan


What is this? New Hero? PogChamp , Elder Titan merupakan hero yang cukup terpuruk di patch-patch sebelumnya, habis gelap terbitlah terang begitu katanya. Di patch kali ini win-rate dari ET mengalami kenaikan yang cukup signifikan terutama pada bracket 5K+. Alasan hero ini menjadi relevan sekarang adalah, lagi-lagi karena dominasi hero-hero tanker, yang mana skill ET sendiri bersifat percentage-based. Selain itu Skill aura yang di miliki ET dapat menetralisir Base Armor dan Magic Resistance yang dimiliki musuh. Di Pub match, saat ini ET menjadi salah satu Top Offlaner yang tidak jauh berbeda dengan Faceless Void pada patch sebelumnya.

Timbersaw



Timbersaw Time Yay! Salah satu hero favorit gw akhirnya dapet buff, HappyFace. Dirrect buff pada skill passive Reactive armor dan item Bloodstone bener-bener jadi alasan utama Timbersaw buat bangkit dari kubur. Timbersaw juga sangat cocok saat berhadapan dengan hero yang mengandalkan Stats (AGI, INT STR) karena skill nya memiliki stats reduction. 32 extra armor dan health regen bakal jadi masalah buat musuh satu lane doi. Bukan cuma itu, rework pada Intelligence pun berdampak pada peningkatan magic damage yang dimiliki Timbersaw.

Riki


Perubahan besar pada win-rate Riki di bracket 5k+ membuktikan bahwa "riki yang sekarang bukanlah riki yang dulu". Riki benar-benar menjadi hero "OP" saat ini. Perubahan Truesight range pada Tower dan item Gem of Truesight menjadi keutungan tersendiri buat Riki. Selain itu dirrect buff yang di berikan juga menjadikan DPS Riki semakin besar dan konsisten. Bahkan Riki yang dulunya digunakan hanya sebagai hero core, sekarang bakal sering di jadikan roamer layaknya Bounty Hunter. Kedua item baru yaitu Blight Stone dan Echo Sabre juga sangat cocok untuk riki terutama saat di jadikan roamer.

Biggest Losers (3%+ win rate Decrease)


Outworld Devourer 


Setelah jadi Anak Emas selama patch 6.86, nggak aneh kalo OD yang sebelumnya "OP" bener-bener di punish oleh OSfrog dengan beberapa dirrect nerf. Baik Sanity Eclipse maupun Arcane Orb keduanya mendapatkan nerf yang signifikan. Outworld Devourer yang sebelumnya menjadi must picked heroes setelah Invoker, sekarang jarang terlihat baik di pub maupun professional scene. Ripperino.

Arc Warden


Win rate Arc Warden yang sebelumnya sudah relatif rendah bahkan di buat semakin rendah dengan kehadiran patch 6.87. No more Push Warden in this patch, Sadface, dengan dirrect change pada ability Arc Warden, sekarang doi tidak bisa lagi Free Push dengan Divine Rapier seperti sebelumnya, bahkan timing Hands of Midas pun di rubah dan tidak lagi efisien untuk Arc Warden. Ide Arc Warden untuk di mainkan sebagai hero core sudah tidak lagi relevan, sedangkan Arc Warden merupakan hero yang cukup bergantung pada level jika di jadikan support, so Good Bye, BibleThump.

Enchantress



Dengan adanya Double Nerfs pada Impetus, dan dominan-nya hero bersifat Tank pada patch ini menjadi alasan utama Enchantress tidak lagi OP. Bahkan setelah adanya item seperti Hurricane Pike, win-rate Enchantress malah semakin merosot, dan survivability Enchantress sekarang lebih rendah dari pada ability Enchantress untuk gain Kills di saat Team Fight berlangsung. Terlebih lagi Enchantress mendapatkan global boost pada peningkatan STR/HP yang terendah dibandingkan dengan hero-hero lainnya.

Medusa


Rework pada Stone Gaze menjadikan medusa semakin lemah dari pada sebelumnya. Dimana di patch sebelumnya skill ultimate dari medusa dapat memberikan impact secara langsung saat Team Fight berlangsung, tapi tidak untuk Reworked Stone Gaze kali ini. Efek Stone Gaze menjadi lebih mudah dihindari dengan adanya perubahan pada slow rate saat skill ini di aktifkan. Bahkan dengan buff pada ability lainnya, masih belum cukup untuk menutupi Nerf pada skill utimate Medusa. Selain itu di temukan potensial bug pada skill Mystic Snake saat di gunakan pada Illusions, yang mana efek Mana Steal tidak berlaku dan berakibat rendahnya Mana yang dapat di peroleh oleh Medusa.

Lone Druid


ALFREDO NOO Sadface. Massive damage reduction pada skill Battle Cry di ikuti dengan perubahan Armor dan Damage Type menjadi alasan terpuruknya Lone Druid kali ini. Terlebih lagi Armor Aura yang di berikan oleh Tower membuat kemampuan Lone Druid dalam melakukan harass di Laning Phase semakin berkurang. Tanker Meta pun membuat Lone Druid yang pada umumnya mengandalkan damage dari Radiance dan Entangling Claw tidak lagi relevan untuk di pick.


Notable Change


Spectre


Spectre yang merupakan salah satu hero populer di patch 6.86 ternyata hanya mendapatkan sedikit nerfs kali ini. Nerfs tersebut bisa di bilang biasa saja, namun fakta membuktikan win-rate Spectre menurun hingga mendekati 3%. Potensi late-game yang dimiliki Spectre masih kuat walaupun tidak sekuat sebelumnya. Sekali lagi, Tanker Meta juga menjadi faktor pada perubahan win-rate Spectre.

Invoker


Penurunan sebesar 2.5% pada win rate Invoker bisa di bilang cukup mengejutkan. Seperti yang kita tahu bahwa Invoker sebenarnya mendapatkan keuntungan dengan adanya Rework pada Intelligence, namun faktanya sedikit perubahan pada Cast Point cukup menggaggu dan merugikan untuk Invoker. Terlebih lagi perubahan Exort dan Quas pada Forge Spirit yang menyebabkan semakin melemahnya potensi Invoker di early game. Win-rate Invoker pada bracket 5k+ saat ini menurun hampir mendekati Nilai "Ideal" yaitu 50%.

Chen


Simple nerf pada interaksi skill Hand of God  dengan chen's controlled creeps mengakibatkan penurunan win-rate Chen sebesar 2%. Yang menarik adalah win-rate Chen untuk bracket 5k+ masih relatif tinggi yaitu ada di angka 55%.

Kesimpulan

Patch kali ini membawa beberapa perubahan pada Mekanik Game sebelumnya, dan sampai saat ini hasilnya bisa di bilang masih medium. Pengamatan baik dari professional player maupun pub players menghasilkan perubahan Meta Game yang cukup lambat, apapun yang akan terjadi kedepannya, masih terlalu awal untuk menyimpulkan. Patch 6.87 masih menjadi bayang-bayang dari patch 6.86, dengan beberapa pengecualian.

Dengan perubahan yang terjadi di minggu-minggu awal ini, ada 2 kemungkinan yang mungkin terjadi, yang pertama; Perubahan Meta Game yang terjadi mungkin tidak akan se-drastis yang di harapkan, atau sebaliknya, dengan bantuan beberapa captain yang sudah berpengalaman di competitive scene, Dota 2 akan di bawa ke era baru hanya dengan beberapa competitive matches yang akan datang.

Source Images : Dotabuff

GLHF- Fanon.

2 komentar:

  1. Gan buat thread tentang tips masing" role dong, buat latihan turnamen gan hehe

    BalasHapus

Author

authorFauzan Ramadhani, 19 y/o Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Banyumas Jateng.
Learn More →



Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!