07 Mei 2016

Pasang Steam Guard Authenticator tanpa Smartphone

Udah tau kan sistem proteksi terbaru dari steam? Ya! Steam Guard Mobile Authenticator. Untuk bisa menikmati fitur dari Steam tanpa adanya Limitasi, sekarang setiap pengguna yang aktif di wajibkan untuk mengaktifkan Steam Guard Mobile Authenticator di ID masing-masing. Nah Steam Guard Mobile Authenticator umumnya cuma bisa di install di smartphone Android dan iOS. Buat kamu yang masih blm punya smartphone pasti merasa terbebani dengan fitur baru ini kan?  Tapi tenang, di postingan ini bakal gw kasih info bagaimana caranya pasang Steam Guard Mobile Authenticator tanpa menggunakan Smartphone.


Apa itu Steam Guard Mobile Authenticator?

Steam Guard Mobile Autenticator adalah sistem proteksi yang di miliki steam untuk melindungi setiap ID pengguna yang terdaftar di steam.

Untuk penjelasan resmi tentangSteam Guard Mobile Autenticator bisa di lihat di Steam Support : Steam Guard Mobile Authenticator

Gw bakal lebih fokus ke cara pasang Steam Guard Mobile Authenticator tanpa menggunakan Smartphone dari pada jelasin Steam Guard Mobile Authenticator itu sendiri.

Steam Desktop Authenticator

Steam Desktop Authenticator adalah aplikasi Steam Guard Mobile Authenticator untuk versi Desktop/Komputer, jadi nantinya lu bakal punya Authenticator berupa program di laptop/komputer yang lu install.

Untuk Keamanannya jauh di bawah Steam Guard Mobile Authenticator karena nantinya data dari ID lu (bukan password) bakal di simpan di komputer/laptop yang lu pake tanpa di enkripsi. Jadi saran gw, pake cara ini kalo emang bener-bener gak ada cara lain buat lu aktifin Steam Guard Mobile Authenticator.

Dibawah ini adalah kutipan asli dari developernya,

"First of all, using this application is inherently insecure. It stores unencrypted sensitive data (it does not store your password) on your hard drive. If an attacker were to gain access to this data (which is not extremely difficult), they have access to all of your items. This application should ONLY be considered for use if you absolutely cannot use a Steam Mobile Authenticator. I mean it.

Adding an account to this is a self-explained procedure and it should be very straightforward. You can have infinite accounts linked to the SDA. This still requires that you have a phone capable of receiving SMS. It stores your data in a folder called "maFiles" in the same directory as the executable. It is extremely important that you back this directory up somewhere very secure after you have linked your account(s)."

Developer : https://github.com/Jessecar96/SteamDesktopAuthenticator 

Cara Install Steam Desktop Authenticator

Untuk install SDA silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini,
  • Download & Install .NET Framework 4.5.2  kalo OS lu Windows 7 kebawah. Buat yang make Windows 8 keatas nggak perlu install lagi karena udah bawaan OS.
  • Download SDA di release page, cari yang paling terbaru dan download dalam bentuk zip (bukan dalam bentuk source code)
  • Kelar download, simpen SDA di folder/direktori yang aman, lalu ekstrak. Inget baik-baik lokasi lu nyimpen SDA, resiko kalo lu kehilangan SDA ini adalah lu bakal kehilangan akses ke ID steam yang akan di hubungkan.
  • Run Steam Desktop Authenticator.exe dan pilih Setup New Account.

  • Login ID Steam dan ikuti instruksi selanjutnya. Note: Lu bakalan butuh nomor hp yang aktif buat nerima SMS konfirmasi dari steam.

  • Setelah lu masukin nomor HP, lu bakal di minta buat bikin encryption key, guna dari encryption key ini nantinya buat password login SDA di komputer lu, sifatnya optional tapi sangat dianjurkan.

  • Setelah lu setelasai buat Encryption key, baca baik-baik notice yang keluar, simpen baik-baik Revocation Code yang keluar di notice, code ini sangat penting dan bisa digunakan nantinya saat lu lupa password/kehilangan authenticator.
  • Konfirmasi code sms yang masuk di handphone

  • Masukan Revocation Code untuk memastikan bahwa lu udah nyimpen kode tersebut.

  • Sampai tahap ini lu udah berhasil masang SDA buat ID Steam lu.
Setiap kali lu buka SDA di komputer lu bakal diminta untuk masukin encryption kode yang tadi lu buat, jadi jgn sampe lupa.

Video Tutorial




Fitur SDA

Apa aja yang bisa lu lakuin setelah install SDA ini;
  • Lu bakal bisa Trade / Listing Market tanpa terkena Trade Hold.
  • Lu bisa login tanpa harus cek email.
  • 1 SDA bisa digunakan untuk multi akun, dan hanya dibutuhkan 1 nomor hp untuk multi akun.
Perlu di ingat setelah lu mengaktifkan SDA ini maka setiap kali lu mau login Steam ,lu harus buka SDA untuk copy token yang di create oleh SDA, hal ini bakal bikin ribet buat kalian yang sering main di warnet, karena lu bakal butuh token SDA yang ada di komputer pribadi lu.

Sebenernya ada cara biar data SDA yang disimpan di komputer lu bisa lu bawa kemana-mana, yaitu dengan men-copy folder maFiles di direktori SDA yang ada di komputer lu. Tapi setiap mau login di komputer lain, lu harus install SDA dulu dan replace folder maFiles default dengan folder maFiles punya lo, dengan begitu enkripsi SDA di komputer lu bisa di gunakan di komputer yang mau lu pakai login. cok susah jelasinnya, gw ga pinter jelasin lewat tulisan.

Intinya software ini sangat membantu user steam yang masih blm punya smartphone Androi / iOS tapi ingin melepas limit yang ada pada id steam mereka. Namun tetap ada resiko dalam pemakaian, seperti terserang Malware/Spyware yang bisa berdampak pada kehilangan akses pada akun steam.

Gw disini cuma bantu share info dan tidak ada hubungan dengan developer SDA tersebut, segala resiko yang terjadi menjadi tanggup jawab pemilik ID masing-masing, ok. - GLHF Fanon

26 komentar:

  1. kasih video cara pake nya gan biar gampang :D !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah gan, monggo di tonton videonya

      Hapus
  2. waduh bro, mendingan pake Emulator android aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai emulator andro emang bisa, tapi aplikasi ini lebih praktis, sebenernya aplikasi ini open source jadi keaslian codenya bisa di lihat sendiri buat yang bisa/paham C#

      Hapus
  3. Bisa beli di market bro pake ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan, bisa lepasin Trade Hold dan Market Hold

      Hapus
    2. Nomer hp nya? Kalo ganti kartu entar gimana gan? (Seumpama) atau gak seberapa penting gitu nomer hpnya?

      Hapus
    3. bisa nglepasin trade hold gan? Ane kan trade sama tmen nih. Ane gak tau kalo dia gak pasang mobile aurent. Nah tau2 udah hold 15 hari gitu. Kalo dia di pasang aplikasi ini lgsung bisa terkirim kah barangnya? Makasih bnyak, aplikasinya berguna banget

      Hapus
  4. Balasan
    1. Aman kok gan, seperti make bluestack dll cuma lebih simple, ane juga pake kok

      Hapus
  5. Thx infonya gan , berguna .
    Ehh btw klo lwat smartphone kan dulu udah pernah input nomor hp gan . trus nmer hp gue ganti . lah waktu mau daftar steam authentic ini malah yg di sms nomor yg lama . gantinya kek mana gan ? Mungkin ada yg tau ? Prnh coba "change number" . tp gue lupa nomor yg lam . :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kontak steam service nya aja, gua juga gitu ampe mohon2 ke staff steamnya terus jelasin permaslahan nya "inget pake bahasa inggris ya wkwk

      Hapus
    2. contact steam support laporkan permasalahan ente ke steam support trus tujukin bukti bahwa ente adalah benar" pemilik akun tersebut , contoh ente SS aja code steam yg pernah lo isi ke akun tersebut , ane dulu pernah kek gitu , gua beli unipin yg 20k beli steam lewat unipin , SS kode dari unipin dan steam code nya trus kasih SSnya ke steam support , dan ente bakal di kasih jawaban melalui email yg terhubung dengan akun tersebut 1 X 24 jam

      Hapus
  6. gan itu kan install di laptop rumah ya misalnya, kalo main di warnet gitu gimana ya ? udah lasung login apa gimana ?

    BalasHapus
  7. gan kalo steam guard di android udah ada trus pake di pc apakah bisa?

    BalasHapus
  8. Gan ada apps steam 2 kah gan, dalam 1 hp tpi bisa ada 2 steam ada 2 akun seperti bbm gan ??

    BalasHapus
  9. Gan ada apps steam 2 kah gan, dalam 1 hp tpi bisa ada 2 steam ada 2 akun seperti bbm gan ??

    BalasHapus
  10. gan klo misal hpnya ilang gimana resetnya

    BalasHapus
  11. waduh bang , pas hp gw dipinjem bokap , gaada hp sama sekali , bingung dah mau verif nomer nya wkwkwk

    BalasHapus
  12. Bisa langsung nerima item dari teman, juga hilangin trade hold tanpa nunggu 7hari?

    BalasHapus
  13. gan kok error saat masukin id steamnya?? pls respon

    BalasHapus

Author

authorFauzan Ramadhani, 19 y/o Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Banyumas Jateng.
Learn More →



Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!