17 Mei 2016

How to Earth Spirit by Fanon

Hey guys gw kali ini pengen bahas salah satu hero favorit in-game gw yaitu Earth Spirit. Di Dotabuff gw sendiri tercatat 126 matches played as Earth Spirit dengan win-rate yang cukup tinggi, 61,90% dan KDA 3.14. Make Earth Spirit bisa di bilang gampang-gampang susah, buat yang belum biasa make hero yang satu ini mungkin bakal dapet kendala saat cast skill-skill tertentu dari Earth Spirit. Earth Spirit punya 4 skill active yang bersinergi satu-sama lain, yang artinya skill-skill ES ini bisa dijadikan combo saat team fight. Untuk Rolenya pun sangat versatile, begitu pula dengan item buildnya. Langsung aja dibaca Guide Earth Spirit by Fanon.


Role

Earth Spirit merupakan hero yang sangat versatile untuk urusan Role. Earth Spirit bisa dimainkan di Solo Offlane / Solo Midlane / Roaming Support atau bahkan Carry Safelane seperti w33. Tapi pada umumnya saat seseorang nge-pick Earth Spirit, dia bakalan ngisi role Roaming Support atau Solo Offlane.


Buat gw sendiri lebih sering make Earth Spriti ini sebagai Roaming Support, karena skill-skill dari Earth Spirit sangat cocok dipake buat nge-gank di early game, cuma dengan 1 skill yang tepat sasaran dan lo bakalan punya chance kill bahkan First Blood yang besar.

Item Build


Starting Items

Karena rolenya yang versatile akibatnya Item Build dari Eearth Spirit pun ikut bervariasi tergantung situasi dan kondisi game yang terjadi. Saat lo pake Earth Spirit sebagai Offlaner mungkin Starting Item yang cocok yaitu Stout Shield / Ring of Protection, Tango, Healing Salve, dan Clarity/Iron Branch. Dengan update item terbaru Wind Lance pun jadi salah satu starting item yang cukup bagus buat Earth Spirit yang emang butuh movement speed di early game agar lebih optimal. Beda lagi saat lo main sebagai Support Roamer, starting item yang gw saranin yaitu Wind Lance, Tango/Healing Salve, Clarity, Courire/Wards. Orb of Venom juga jadi item yang sangat cocok buat Earth Spirit di early game.


Early-Mid game Items
 
Core Items :
  • Urn of Shadows, Urn of Shadows memang item yang cocok untuk hero-hero roamer. Efek aktifnya bisa lo pake buat nge heal diri lo sendiri/team mate setiap kelar nge-gank, atau lo cast ke musuh yang sekarat saat war berlangsung. Urn sendiri memberikan efek +6 STR yang sangat berguna untuk hero bertipe STR seperti Earth Spirit, selain itu Urn juga memberikan mana regen 50%. Tapi ingat saat lo bikin Urn of Shadows pastikan dulu temen satu team lo nggak ada yang build Urn of Shadows juga, jangan sampe ada 2 Urn of Shadows dalam satu team, karena charge yang terisi bakalan rebutan dan nggak efisien.
  • Veil of Discord, Item yang satu ini menurut gw sangat Underrated, padahal dengan adanya Veil saat lo make Earth Spirit, magic damage yang dihasilkan nggak sedikit buat musuh-musuh yang terkena efek Veil of Discord ini. Saat lo cast Magnetize (Ultimate Skill) di ikuti dengan stun dan silence, Veil of Discord bakalan ngasih impact yang sangat besar di team-fight dan In My Humble Opinion Veil of Discord ini salah satu Item Core buat Earth Spirit. Selain itu bonus stat yang diberikan juga lumayan besar.
  • Drum of Endurance, Bonus Stats, Movement speed dan Attack Speed yang lo dapet saat lo build Drum Endurance bakal ngebantu buat stomping di Early game, Worth it.
  • Arcane Boots, menurut gw Arcane adalah Boots yang paling cocok buat Earth Spirit, walaupun kadang gw juga build Power Thread/Tranquil/Travel (Situasional). Selain itu Arcane Boots nantinya bisa lo upgrade jadi Guardian Greaves saat lo juga build mekansm.
Situational Items :
  • Forcestaff / Blink Dagger / Eul's Scepter of Divinity, Ketiga item ini bisa lo pake for better initiating saat team fight, positioning, escape atau pun saving team mate. Gw masukin 3 item ini sebagai situasional dan bukan core karena skill-skill Earth Spirit sendiri sebenernya sudah cukup buat mencakup hal-hal diatas.
  • Mekansm, Saat temen satu team lo nggak ada yang punya healing item/skill, maka Mekansm jadi salah satu situasional item Earth Spirit sebagai support, selain itu upgrade mekansm + arcane menjadi Guardian Greaves juga sangat cocok untuk Earth Spirit di Late Game nantinya.
  • Ghost Scepter / Blade Mail / Vanguard / Hood of Defiance / Glimmer Cape, kelima item ini merupakan item defensive situasional buat Earth Spirit tergantung dari musuh yang lo hadapi. Saat musuh lo punya banyak physical damage type pilih Ghost Scepter / Blade Mail / Vanguard agar lo bisa tetep survive selama team fight, dan saat musuh lo punya banyak magic damage type pilih Hood of Defiance / Glimmer Cape agar magic resistance lo semakin besar. Ghost Scepter dan Hood of Defiance nantinya bisa lo upgrade menjadi Ethereal Blade / Pipe of Insight di Late Game.
  • Aether Lens, Aether Lens punya efek yang imba untuk hero caster seperti Earth Spirit, Aether Lens bisa ngasih Cast Range yang lebih luas buat skill-skill lo, selain itu Lens juga nasih damage amp buat setiap skill yang lo cast ke musuh, Saat lo berniat buat bikin Aether Lens pastikan lo dissamble Arcane Boots ambil Mana Booster dan kemudian build Aether Lens.

Late Game Items

Core Items:
  • Guardian Greaves, Lo bakal butuh extra slot saat late game, so upgrade Mekans dan Arcane boots yang lo punya menjadi Guardian Greaves bakal jadi hal yang paling masuk akal buat Earth Spirit di Late Game.
  • Aghanim's Scepter, Earth Spirit dengan Aghanim's Scepter bakal jadi mimpi buruk bagi musuh lo saat team fight terjadi, lo bisa jadi game changer dengan Aghanim's Scepter pada Earth Spirit kalo lo bisa pake di waktu dan tempat yang tepat.
Situational Items;
  • Ethereal Blade / Crimson Guard / Pipe of Insight, ketiga item ini merupakan upgrade-an dari item situasional di midgame (Ghost Scepter / Vanguard / Hood of Defiance). 
  • Black King Bar / Linken Sphere / Lotus Orb, Item defensive untuk Earth Spirit di late game. Pilih satu dari 3 item ini tergantung situasi dan kondisi musuh yang lo lawan. Ada saat-saat tertentu lo lebih baik build Lotus Orb dari pada Linken, dan ada saat tertentu lo lebih baik build Linken dari pada BKB, tergantung situasi di real game.
  • Scythe of Vyse / Shivas Guard / Vladmir's Offering, Ketiga item ini sangat berguna untuk team fight di late game, pilih yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi yang team lo butuh kan. Saat team lo butuh lebih banyak disable pillih Vyse, butuh armor dan damage reduction pilih Shivas, butuh Pushing power dan lifesteal pilih Vladmir's.

Skill Build



Gambar diatas adalah gambar skill build yang gw saranin saat lo make earth spirit roamer. Level 1 Rolling boulder [W] di early game bakal jadi roaming skill yang paling efektif buat Earth Spirit, efek Damage dan Reduce movement speed nya bakal jadi potensial kill saat lo hit on target dengan Rolling boulder dan di ikuti dengan auto-attack.

Skill yang worth lo Maks Level-kan paling awal adalah Boulder Smash [Q] dimana damage dan durasi stun yang diberikan tiap level sangat signifikan.

Ambil point Ultimate di Level 6/11/16. Guarantee 100% kill setiap hero musuh AGI/INT dengan skill ultimate yang lo punya saat lo berhasil combo dengan benar.

Skill kedua yang perlu lo Maks Level-kan adalah Geomagnetic Grip [E], efek dari skill geomagnetic grip di tiap levelnya menambah damage dan durasi silence yang worth untuk di Maks-kan as soon as possible.

dan yang terakhir adalah Rolling boulder, gw rasa level 1 Rolling boulder di early game sudah cukup buat seorang Earth Spirit, toh efek dari setiap levelnya cuma reduce cooldown dari Rolling boulder tanpa penambahan damage / reduce speed.

Pict Note : 
Geomagnetic Grip tidak lagi memberikan efek stun melainkan silence sedangkan boulder smash memberikan efek stun.


Earth Spirit Combo

Skill-skill dari Earth Spirit sendiri sebenarnya saling bersinergi satu sama lain, Alhasil banyak combo yang bisa lo lakuin saat lo make hero yang satu ini. Saran gw gunakan settingan Quick Cast pada slot skill biar lo lebih mudah saat casting skill Earth Spirit yang emang harus fast hand. Tiap-tiap combo punya kondisi optimal untuk di keluarkan, jadi lo harus cepat tanggap.
  • Kick Pull : D > Kick [Q] > Pull [E]
    Combo yang satu bakal ngasih efek stun dan silence pada target dengan mengkonsumsi 1 charge stone remnant. Combo ini bisa lo lanjutin dengan Rolling Boulder [W] ataupun Magnetize [R].
  • Kick Roll V1 : D > Kick [Q] > D > Roll [W]
    Memberikan efek stun dan faster Rolling Boulder [W] pada musuh dengan mengkonsumsi 2 charge stone remnant. Bisa dilanjutkan dengan Magnetize [R] dan Grip [E].
  • Kick Roll V2 : D > Roll [W] > Kick [Q]
    Efek yang diberikan sama dengan Kick Roll V1, namun penempatan stone remnant pada V2 berbeda dengan V1, pada V2 hanya dibutuhkan 1 stone remnant sedangkan pada V1 dibutuhkan 2 stone remnant. Tingkat kesulitan V2 lebih tinggi dari pada Kick Roll V1.
  • Pull Roll Kick : D > Pull [E] > Roll [W] > Kick [Q]
    Combo ini bakal ngasih efek instant silence dan faster Rolling ditambah kick hero musuh ke arah Earth Spirit berasal. Efektif dipake saat lo berada di dekat tower sendiri dan musuh terlalu over push atau saat melakukan smoke gank di area tower musuh. Combo ini bisa di lakukan dengan mengkonsumsi 1 charge stone remnant. Bisa di akhiri dengan Magnetize [R].
  • Roll Pull Kick : Roll [W] > D > Pull [E] > Kick [Q]
    Hampir sama dengan Pull Roll Kick, namun yang satu ini butuh kecepatan dan ketepatan yang lebih tinggi dari pada Pull Roll Kick.
  • Ebola Combo : D > Roll [W] > Magnetize [R] > D > Kick [Q] > Pull [E]
    Inisiasi dengan Rolling Boulder [W] kearah musuh yang kemudian di lanjutkan dengan Magnetize [R], yang di ikuti kick dan pull ke arah hero musuh lainnya untuk menyebarkan efek Magnetize dan silence. Mengkonsumsi minimal 2 stone remnant.
Untuk beberapa Video tutorial combo bisa di lihat disini,

.
.
Untuk Video original dari gw sendiri mohon di tunggu update-an nya soalnya gw masih ada kendala buat video sendiri, laptop gw gak kuat coy buat dota wkwkwkwk.


Overall, Earth Spirit bukan hero yang susah buat dipelajari, "Bisa karena terbiasa" lah pokoknya, terus latian sampe bisa dan jangan patah semangat. Mohon kalo ada koreksi dan tambahan bisa di masukkan di komentar, Thanks.

GLHF- Fanon.

4 komentar:

  1. kk kalo adek mau jadi earth spirit jungle ada tips nya ga ? >.<

    BalasHapus
  2. gan ikut share artikel ini di blog saya

    BalasHapus
  3. player dota2 indonesia yang hobby poker

    mari bergabung bersama kami DOTAPOKER

    dapatkan bonus yang sangat besar diantaranya

    bonus welcome 20%

    bonus deposit 5% khusus hari weekend

    bonus refferal 20%

    bonus turn over 0,5%

    dan bonus event bulanan yang di adakan tiap bulannya

    berhadiah puluhan juta rupiah

    yuk gabung daftar disini www.dotapoker.biz

    BalasHapus

Author

authorFauzan Ramadhani, 19 y/o Mahasiswa Teknik Informatika ITS. Banyumas Jateng.
Learn More →



Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!